Samsun Minta Alih Fungsi Pascatambang Tak Abaikan Reklamasi

Muhammad Samsun. (istimewa)

Samarinda, reviewsatu.com – Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengingatkan alih fungsi lahan pascatambang untuk wisata, jangan membuat perusahaan tambang abai terhadap tanggung jawab reklamasi.

“Bagus prospeknya, ada pembangunan tempat-tempat wisata, tapi jangan sedikit-sedikit digali kemudian dijadikan tempat wisata yang belum layak. Akhirnya apa? Terjadilah korban,” ujar Samsun di Samarinda, Kamis (12/10/2023).

Ia menambahkan bahwa alih fungsi lahan pascatambang untuk wisata juga tidak boleh dijadikan dalih para penambang untuk segera mengalihfungsikan lahan tanpa memenuhi kewajiban mereka kepada negara.

Ia mengingatkan bahwa para penambang harus membayar pajak, royalti, dan iuran lainnya yang berkaitan dengan kegiatan pertambangan.

“Saya mengapresiasi upaya pemerintah daerah dan swasta yang telah mengembangkan beberapa tempat wisata berbasis tambang di Kalimantan Timur, seperti Danau Biru di Kutai Kartanegara dan Bukit Pelangi di Berau,” ucap Samsun.

Ia berharap tempat-tempat wisata tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan menarik minat wisatawan.

“Kalau tempat wisata itu sudah layak dan aman, tentu saya dukung. Ini kan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi Kalimantan Timur. Apalagi kalau dikelola dengan baik dan profesional, pasti akan banyak pengunjung yang datang,” tutur Samsun. (advdprdkaltim/arf)