Demokrat Kaltim Gelar Muscab, Target Lahirkan Pemimpin Milenial

Ketua DPD Demokrat Kaltim Irwan
Ketua DPD Demokrat Kaltim Irwan saat memberikan sambutan. (istimewa)

Balikpapan,reviewsatu.com – DPD Demokrat Kaltim, Kamis (31/3) malam tadi resmi membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Serentak Partai Demokrat kota-kabupaten se-Kaltim. Agenda perdana setelah dikukuhkan sebagai Ketua DPD Demokrat Katim ini dihelat di Ballroom Hotel Platinum Balikpapan. Diikuti sekitar 100-an kader dan simpatisan dari perwakilan DPC di Benua Etam ini.

Momen ini makin spesial, karena dilakukan secara bersama secara daring oleh peserta luar daerah. Seperti dari DPC Demokrat Gorontalo, Sekjen DPP Teuku Riefky Harsya dan Kepala BPOKK DPP Herman Khaeron.

Tidak ketinggalan Muscab ini juga dihadiri pengurus anak cabang (PAC) se-Kaltim. Muscab ini untuk pemilihan Ketua DPC Partai Demokrat di Kaltim. Jadi Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), secara virtual berpesan. Muscab dapat digunakan untuk memilih Ketua DPC Yang memiliki integritas, kapasitas dan komitmen. Bertujuan untuk memajukan serta memenangkan partai di Pilpres, Pileg dan Pilkada.

”Ketua DPC yang terpilih akan dilakukan feet and proper test. Yakni uji kelayakan dan kepatutan dalam tujuan untuk mewujudkan visi-misi partai. Akan dilakukan oleh tim 5,” ujar AHY.

“Muscab harus dilakukan secara baik dan serius karena melahirkan kepemimpinan yang efektif. Siapa pun yang terpilih harus didukung dan dirangkul karena ini adalah rumah besar kita,” urainya.

Ketua DPD Demokrat Kaltim Irwan juga berpesan Muscab serentak dijadikan sebagai momentum kebangkitan Partai Demokrat di Benua Etam. Dirinya berharap pada 2024 nanti Demokrat di Kaltim dapat menjuarai di Pemilihan umum (Pemilu). Mulai dari Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemihan Legislatif (Pileg) DPR-RI, Provinsi, Maupun Kabupaten dan Kota serta pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Kami menyadari memang Pileg 2019 dan Pilkada 2020 kami belum optimal. Kursi kami cuma 31 dari 300 ursi kabupaten-kota. Kemudian DPRD Provinsi dapat tiga, sehingga berbagai langkah konsolidasi para kader ini kami optimalkan. Kami harapkan di 2024 mendatang Demokrat bisa meraih kemenangan dan kejayaan di Kaltim,” ungkap Irwan.

Dalam waktu dekat Irwan sebagai Ketua akan membentuk Satgas verifikasi Parpol. Selanjutnya para Ketua DPC terpilih diarahkan membentuk PAC sampai dengan pengurus ranting dan anak ranting sampai tingkat RT. Dikatakan Irwan ada 3 hal yang harus dilakukan para pengurus kader partai. Yakni membranding AHY dalam setiap gerak juga pikiran. Bertujuan untuk memenangkan sebagai presiden. Branding kedua yaitu membranding partai Demokrat sebagai smart party dan juga partai milenial.

”Ketiga ialah membranding program partai kita yang pro kepada rakyat. Sehingga melalui branding program itu rakyat tau, bahwa partai kita selalu berjuang untuk rakyat,” pesan Irwan.

Irwan mengungkapkan target Demokrat Kaltim, yaitu untuk DPRD provinsi dari tiga menjadi 8 kursi. Hal Itu diakuinya bukan hal yang mustahil. Karena tinggal mengisi tiga dapil yang kosong. Yaitu Balikpapan, Kubar, Mahulu dan Kukar

“Kemudian untuk DPRD kabupaten Kota, kami ingin bisa dapat minimal 50 kursi dari 300 kuota. Dan terakhir, untuk DPR RI kami pertahankan 1 kursi dan maksimal menjadi 2 kursi,” tandasnya.

Panitia Muscab Demokrat Kaltim, Andi Andis Muhris menjelaskan, sejalan dengan misi dari partai. Yakni 60% nya adalah milenial. Misi tersebut dilakukan berdasarkan data pertumbuhan kaum milenial di wilayah Kaltim yang cukup signifikan. Sehingga memang pangsa pasar untuk partai Demokrat menuju Pemilu 2024 adalah milenial.

“Tentunya data ini tidak timbul serta merta dengan tidak objektif. Sudah dilakukan dengan observasi yang dalam,” terangnya.

Partai Demokrat Kaltim membuka ruang yang luas. Khususnya bagi kelompok kaum muda untuk bergabung. Kemudian wahib menjunjung tinggi objektivitas. (red)