Strategi Samarinda Menghadapi Pertumbuhan dengan Terminal Bus Baru

Samarinda, reviewsatu.com – Sebagai langkah proaktif menghadapi pertumbuhan kota, Samarinda memperkenalkan terminal bus tipe A di Samarinda Seberang. Celni Pita Sari, anggota Komisi III DPRD Samarinda, menyoroti inisiatif ini sebagai bagian penting dari strategi kota dalam mendukung peran Samarinda sebagai kota penunjang ibu kota baru.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI telah berinisiatif untuk memperkuat sistem angkutan massal yang efisien di Samarinda, yang diharapkan dapat menjadi alternatif yang efektif terhadap penggunaan kendaraan pribadi.

“Terminal bus baru ini merupakan langkah maju bagi Samarinda dalam mempersiapkan diri menghadapi pertumbuhan yang akan datang,” ujar Celni.

Meskipun Samarinda belum mengalami kemacetan lalu lintas yang parah, Celni menekankan pentingnya antisipasi dini dengan pembangunan infrastruktur yang memadai.

Ia juga menyerukan pembangunan jalur khusus untuk angkutan umum, untuk mengatasi tantangan infrastruktur yang ada di Samarinda.

Celni, dari partai NasDem, mengajak pemerintah pusat dan lokal untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat tentang manfaat transportasi massal.

“DPRD siap mendukung dialog antara pemerintah dan warga untuk memastikan keberhasilan program transportasi massal ini,” kata Celni.

Dengan dukungan dari pemerintah pusat, Celni yakin Samarinda akan mengatasi tantangan pertumbuhan dan menjadi kota yang lebih maju dan teratur. (Adv/DPRD Samarinda)