Sunggono Targetkan Kafilah Kukar Kembali Juara MTQ Kaltim Tahun Depan

Sekda Kukar Sunggono.

Kukar, reviewsatu.com – Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diketahui telah sukses menggondol prestasi juara umum sebanyak 6 kali pada MTQ tingkat Kalimantan Timur (Kaltim).

Oleh karena itu Lembaga Pengembangan Tilwatil Quran (LPTQ) Kukar kembali menargetkan juara umum ke tujuh kalinya pada MTQ tahun depan.

Untuk mewujudkan terget besar itu, Ketua LPTQ Kukar, Sunggono meminta kepada seluruh pengurus LPTQ tingkat kecamatan, untuk rutin menggelar MTQ tingkat kecamatan. Hal tersebut bertujuan guna mengasah kemampuan para calon kafilah.

Bahkan Sunggono mengambil langkah tegas, apabila MTQ di tingkat kecamatan tidak dilaksanakan, maka kecamatan tersebut tak diperbolehkan mengikuti MTQ di tingkat Kukar.

“Kalau tidak bisa melaksanakan kemungkinan mereka tidak boleh ikut MTQ kabupaten. Karena harapannya kita bisa membumikan Alquran di Kukar,” tegasnya.

Sunggono mengungkapkan bahwa, sebenarnya beberapa kecamatan di Kukar sudah melaksanakan MTQ tingkat kecamatan ini. Walau begitu, ia juga masih sering kali mendengar keluhan. Baik dari pengurus LPTQ kecamatan dan para kafilah, soal tidak rutinnya MTQ digelar di beberapa kecamatan.

Banyak faktor yang mempengaruhi tidak rutinnya pagelaran MTQ, ditingkat kecamatan ini. Akan tetapi Sunggono berharap permasalahan tersebut bisa diselesaikan. Sehingga, pergelaran MTQ ini bisa digelar secara rutin. Mengingat ini merupakan ajang mengasah kemampuan, bagi para kafilah-kafilah muda di Kukar.

“Faktornya ya pengurus yang tidak terlalu aktif di kecamatan, pemerintah kecamatannya atau karena pengurus LPTQ kecamatannya abai,” pungkasnya. (adv/jat/boy)