Partai Garuda Targetkan 6 Kursi di Kaltim

Ketua DPD Partai Garuda Kaltim, Amir Umar Sadikin. (Sammy/Disway Kaltim)

Samarinda, reviewsatu.com – Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Partai Garuda) Kaltim menargetkan satu kursi untuk masing-masing daerah pemilihan (Dapil) di Kalimantan Timur.

Artinya jika merujuk pemilu 2019 ada 6 dapil, yakni: Balikpapan, Samarinda, PPU-Paser, Kukar, Kubar-Mahulu, dan Bontang-Kutim-Berau.

Ketua DPD Partai Garuda Kaltim Amir Umar Sadikin mengaku, kini untuk partai yang dipimpinnya sudah ada perwakilan di semua kabupaten/kota di Kaltim. Sudah 100 persen ketika diverifikasi faktual.

“Untuk tingkat I ya kita 6 kursi lah targenya, sesuai dapil,” kata Amir ketika podcast Good Times di Rumah Disway Kaltim Jl Gatot Subroto, Samarinda.

Amir sendiri berencana maju sebagai anggota legislatif pada 2024 mendatang. Inginnya di dapil Kukar. Namun, terserah keputusan DPP Partai Garuda jika memposisikan dirinya untuk ditingkat I atau DPR RI.

Ia mengaku optimistis bisa mendapat dukungan dari masyarakat dengan menyasar segemen generasi muda. Kenapa generasi muda? karena katanya, merekalah yang harus mendapat ruang dan didorong untuk memiliki kesadaran politik. Amir melihat, selama ini banyak generasi muda yang asyik dengan dunianya sendiri. Padahal kesadaran politik penting untuk masa depan mereka.

“Anak milenial harus paham politik. Paham kebijakan. Khususnya bagi kita di daerah, jangan sampai nanti para pejabatnya impor dari luar. Karena anak muda kita tidak paham, tidak teruji dalam proses politik itu,” teranganya.

Amir juga melihat selama ini belum ada yang serius menggarap segmen generasi muda ini. Karena itu, Partai Garuda akan konsen mengedukasi generasi muda dan para pemilih pemula supaya punya kesadaraan politik.

Seberapa penting?

“Penting sekali. Ini bukan berarti mereka anak-anak milenial itu harus jadi politisi, tapi paling tidak memahami persoalan-persoalan politik dan kebijakan-kebijakan pemerintah,” imbuhnya. (dah)