Selama Tiga Hari 86 Kades Jalani Pelatihan dan Pembekalan

pelatihan kades

Kukar, reviewsatu.com – 86 kades terpilih di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) resmi mengikuti pelatihan dan pembekalan kepala desa yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, pada Kamis (20/10/2022).

Kepala DPMD Kukar, Ariyanto, menjelaskan bahwa seharusnya pelatihan dan pembekalan tersebut digelar pasca pelantikan kades terpilih. Akan tetapi, lantaran terdapat adanya perubahan jadwal pelantikan, maka sesi tersebut pun terlaksana sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sebelumnya.

“Sebenarnya tidak ada masalah mau sebelum pelantikan atau sesudah pelantikan. Karena dengan saat ini 86 kades itu Insya Allah bisa dilantik semuanya,” ucap Ariyanto, Kamis (20/10/2022).

Sebanyak 86 orang kades terpilih akan mengikuti pelatihan dan pembekalan tersebut selama kurun waktu 3 hari dan dimulai sejak 20 hingga 22 Oktober 2022.

Terkait dengan materinya sendiri akan langsung disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Inspektorat. Serta mengundang pemateri dari DPMD Kalimantan Timur (Kaltim).

“Juga ada narasumber dari DPMD Kukar sendiri,” lanjutnya.

Dari ke-86 kades terpilih, 24 diantaranya disebutkan Ariyanto merupakan kades yang berhasil mempertahankan kursinya. Sedangkan, 62 kades lainnya adalah orang baru.

“62 kades sisanya merupakan wajah baru yang berhasil mengalahkan kades bertahan sebelumnya,” pungkasnya. (Jat/Adv/Kominfo Kukar)