DPMD dan Dinkes Kukar Perkuat Layanan Kesehatan Desa dengan Program Satu Desa Satu Bidan dan Perawat

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) bersinergi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar untuk memperkuat layanan kesehatan di tingkat desa melalui program “Satu Desa Satu Bidan dan Satu Perawat”. Program ini bertujuan untuk memastikan setiap desa di Kukar memiliki akses langsung ke tenaga kesehatan yang terampil dan profesional.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, mengungkapkan bahwa program ini dijalankan dengan melakukan seleksi ketat untuk merekrut bidan dan perawat yang akan ditempatkan di desa-desa yang membutuhkan.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap desa tidak hanya memiliki fasilitas kesehatan, tetapi juga tenaga medis yang kompeten,” kata Arianto, Selasa (19/3/2024).

Seleksi ini dilakukan oleh Dinkes Kukar dengan harapan dapat mengatasi kekurangan tenaga kesehatan di Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pusban) yang ada di desa-desa Kukar. Program ini juga diharapkan dapat menjadi solusi bagi desa-desa yang saat ini hanya memiliki satu perawat atau satu bidan.

“Kami mendorong warga Kukar yang telah lulus dari sekolah keperawatan atau bidan untuk mengikuti seleksi ini. Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk berkontribusi dalam pembangunan kesehatan di kampung halaman mereka sendiri,” tambanya.

DPMD Kukar juga menekankan pentingnya peran Posyandu dan Pusban dalam mendukung program ini agar dapat berjalan dengan optimal.

“Kami berharap dengan adanya bidan dan perawat di setiap desa, layanan kesehatan dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat,” ujar Arianto.

Bupati Kukar, Edi Damansyah, telah memberikan dukungan penuh terhadap program ini dan menginginkan agar setiap desa di Kukar dapat merasakan manfaat dari peningkatan layanan kesehatan ini.

“Ini adalah langkah kami untuk memastikan kesehatan masyarakat desa terjaga dan status sosial desa meningkat,” tutup Arianto.

Program “Satu Desa Satu Bidan dan Satu Perawat” ini diharapkan dapat menjadi model untuk peningkatan layanan kesehatan di desa-desa lain di Indonesia, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan. (adv/boy)