DPMD Kukar, Pencapaian Gemilang di 2023 dan Ambisi Besar untuk 2024

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah menetapkan standar tinggi setelah mencatatkan pencapaian penuh dalam program tahun 2023. Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Serbaguna Bappeda Lantai I, Kepala DPMD Kukar, Arianto, mengungkapkan keberhasilan lembaga dalam mencapai target-target utama tahun lalu dan mengumumkan rencana ambisius untuk tahun 2024.

Pada tahun 2023, DPMD Kukar berhasil mencapai 100 persen realisasi program dengan indikator sasaran yang telah ditetapkan. Hal ini termasuk peningkatan signifikan dalam perkembangan lembaga kemasyarakatan dan transisi status beberapa desa dari kategori berkembang menjadi desa maju. “Ini merupakan pencapaian yang membanggakan dan menjadi dasar bagi kami untuk terus bergerak maju,” kata Arianto.

Menghadapi tahun 2024, DPMD Kukar telah menetapkan target untuk meningkatkan nilai akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (AKIP) menjadi 82, meningkat dari nilai 80 pada tahun sebelumnya. Dengan anggaran yang dialokasikan sebesar Rp134,79 Miliar, DPMD berharap dapat kembali mencapai realisasi program 100 persen.

Arianto juga tidak menampik adanya tantangan yang dihadapi selama tahun 2023, termasuk masalah aksesibilitas di desa terisolasi, keterbatasan listrik dan sarana pendidikan, serta kekurangan tenaga kesehatan. “Kami memerlukan dukungan yang lebih besar dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk mengatasi tantangan ini,” ujarnya.

DPMD Kukar juga menyoroti pentingnya peningkatan infrastruktur, seperti pengadaan tenaga dokter, peningkatan kualitas jalan desa, pemasangan PDAM, pencegahan bencana, dan peningkatan jaringan internet desa. “Kami bertekad untuk mewujudkan visi pembangunan daerah yang inklusif dan berkelanjutan, dengan fokus pada pemberdayaan desa dan peningkatan kualitas hidup masyarakat,” tutup Arianto dengan penuh semangat. (adv/boy)