Samarinda Menghadapi Tantangan Pengangguran, Upaya Peningkatan Kualitas Pekerjaan

Samarinda, reviewsatu.com – Masalah pengangguran yang membelenggu Samarinda menjadi sorotan utama, terutama bagi Sri Puji Astuti, Ketua Komisi IV DPRD Samarinda. Beliau menekankan bahwa kurangnya peluang pekerjaan yang layak dan gap keterampilan antara pencari kerja menjadi penyebab utama tingginya angka pengangguran.

“Pilihan pekerjaan yang ada sangat mempengaruhi situasi ini. Banyak warga yang lebih memilih pekerjaan formal ketimbang informal,” ujar Puji.

Puji juga menambahkan bahwa anak muda dari keluarga berada sering kali tidak memiliki motivasi untuk bekerja karena mereka sudah mendapatkan dukungan finansial dari orang tua.

“Kenyataannya, meskipun tanpa pekerjaan, mereka masih bisa bertahan karena bantuan finansial dari keluarga, yang membuat mereka kurang bersemangat untuk mencari pekerjaan,” tutur Puji.

Sebagai respons terhadap masalah ini, Puji, yang berasal dari Partai Demokrat, mendesak pemerintah untuk mengambil tindakan konkret dalam menangani angka pengangguran. Beliau menyarankan agar pemerintah lebih aktif menyosialisasikan solusi kepada masyarakat, terutama yang berada di tingkat ekonomi lebih rendah. (Adv/DPRDSamarinda)