Sopan Sopian Minta Program Jaminan Ketenagakerjaan Tepat Sasaran

Kukar, reviewsatu.com – Anggota DPRD Kukar Sopan Sopian mengapresiasi program penyelenggaraan jaminan ketenagakerjaan yang dilaksanakan Pemkab Kukar. Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada 334.000 pekerja rentan seperti nelayan, petani, hingga pedagang kaki lima.

“Pemkab Kukar akan berikan gebrakan baru. Mudah-mudahan tepat sasaran,” kata Sopian, pada Rabu (25/11/2023)

Sopian mengatakan bahwa sebelum program ini dilaksanakan, Pemkab harus mengambil data yang akurat di lapangan sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran. Ia khawatir program tersebut tidak tepat sasaran, sehingga orang-orang yang membutuhkan bantuan tak mendapatkan jaminan sosial dari pemerintah.

“Harapannya bisa tepat sasaran, karena banyak sekali data yang melesat terkadang untuk berikan jaminan. Sehingga perlunya administrasi yang memadai,” sarannya.

Sopian berharap para buruh kasar dan pedagang kaki lima yang beraktivitas di pinggir jalan raya juga mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut. Ia mengatakan, jaminan sosial ini bisa menjadi antisipasi apabila terjadi hal di luar dugaan.

“Semoga bisa menyentuh seperti sopir, travel ces, dan pedagang asongan,” ujarnya.

“Supaya bisa menjadi jaminan sosial untuk keluarga. Apabila terjadi hal di luar dugaan, antisipasi lebih dulu,” jelasnya.

Sopian juga menyoroti kebutuhan jaminan sosial bagi para pengendara ces, yang berhubungan dengan warga yang beraktivitas di area perairan Kukar. Ia mengatakan, jaminan sosial ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.

“Contoh saja untuk para travel ces ini dibutuhkan jaminan sosial karena untuk menyeberang dari daratan satu ke daratan lain semua pelanggan itu berbagai profesi, makannya butuh jaminan sosial ini,” ungkapnya. (adv/boy)