Lahan Bekas Tambang di Sangasanga Akan Dijadikan Lokasi Peternakan Sapi

lahan bekas tambang untuk peternakan sapi
Ilustrasi peternakan sapi. (Istimewa)

Kukar, reviewsatu – Lahan bekas tambang di Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan dimanfaatkan menjadi kawasan peternakan sapi.

Tujuannya adalah untuk menjadikan Sangasanga sebagai daerah penghasil daging untuk Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Camat Sangasanga M Dachriansah mengatakan, rencana ini terinspirasi dari PT Equalindo Makmur Alam Sejahtera (EMAS) yang telah mengembangkan lahan pasca tambang menjadi peternakan sapi di Kecamatan Tenggarong Seberang.

“Kami berencana untuk mengembangkan ternak sapi untuk mempersiapkan kebutuhan daging di Kaltim dan IKN,” kata Dachriansah, Sabtu (28/10/2023).

Dachriansah menjelaskan, ada tiga lokasi yang akan menjadi lokasi pengembangan ternak sapi, yaitu Kelurahan Sangasanga Muara, Sangasanga Dalam dan Kelurahan Pendingin. “Tahap awal sudah kami lakukan dan akan kami lanjutkan setelah 2025,” ucapnya.

Dachriansah juga menyebutkan, pada tahap awal ini, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak swasta untuk pengembangan tersebut.

“Mudah-mudahan rencana ini bisa terlaksana. Sangasanga harus bisa menjadi penyedia daging untuk Kaltim dan IKN,” tuturnya. (*/adv/kominfokukar_23)