Mendesak, RS Pratama Muara Bengkal Butuh Dokter

Kutim, reviewsatu.com – Meskipun pembangunan Rumah Sakit Pratama Muara Bengkal telah rampung, namun pelayanan belum beroperasi. Hal ini memicu reaksi dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Faizal Rachman.

Dirinya menyebut persoalan utama yakni kekurangan dokter, sehingga meskipun fasilitas telah siap, namun belum dapat melayani masyarakat yang ingin berobat.

Anggota Komisi C DPRD Kutim yang membidangi pembangunan menyebut, jika pihaknya berencana mengkoordinasikan persoalan tersebut dengan Dinas Kesehatan Kutim. Sehingga kendala yang dialami oleh RS Pratama Muara Bengkal bisa menjadi perhatian utama pemerintah.

“Formasi dokter untuk rumah sakit ini telah dibuka, namun rekrutmen dokter spesialis dan umumnya masih terhambat. Untuk menjalankan rumah sakit dengan standar operasional yang sesuai, dokter yang berkualitas sangat diperlukan,” ucapnya saat ditemui di gedung DPRD Kutim, Selasa (17/10/2023).

Politisi PDI-P ini juga meminta agar pemerintah daerah segera mengatasi persoalan rekrutmen dokter, pasalnya status rumah sakit yang dibangun menggunakan uang rakyat tersebut sangat penting.

“Dalam upaya mengatasi kendala ini, Dinas Kesehatan perlu berperan dalam pengelolaan sumber daya manusia yang diperlukan untuk operasionalisasi rumah sakit ini,” tambahnya.

Lanjutnya, pemenuhan gaji dokter juga menjadi faktor penting dalam menarik dokter berkualitas ke RS Pratama Muara Bengkal, sehingga revisi peraturan dan perubahan dalam sistem penggajian mungkin diperlukan. Selain itu, ada regulasi baru yang menetapkan peran direktur rumah sakit dalam manajemen dan pengelolaan sumber daya rumah sakit, yang juga perlu untuk dianalisis.

“Semoga dengan dukungan sumber daya yang tersedia, rumah sakit ini dapat segera beroperasi dan melayani masyarakat,” harapnya. (adv/boy)

Post View : 255