Pemkab Kukar Buka Lowongan Perawat dan Bidan

kukar buka lowongan nakes perawat dan bidan
Pemkab Kukar memenuhi tenaga kesehatan di setiap desa dengan membuka seleksi penerimaan. (ilustrasi/ist)

Kukar, reviewsatu – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara membuka lowongan tenaga kesehatan (nakes). Fokus utama penerimaan adalah posisi perawat dan bidan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar akan bertanggung jawab atas pelaksanaan proses seleksi ini.

“Proses seleksi akan berlangsung serentak dalam APBD-P tahun ini,” ujar Arianto pada Jumat (13/10/2023).

Langkah ini merupakan bagian dari upaya penting dalam meningkatkan program “Satu Perawat Dan Satu Bidan Di Setiap Desa.”

Saat ini, distribusi tenaga kesehatan di berbagai desa di Kukar masih tidak merata, dengan beberapa desa yang memiliki bidan tanpa perawat, dan sebaliknya.

Arianto mengundang warga desa yang memiliki latar belakang pendidikan tenaga kesehatan untuk mengikuti seleksi ini. Sambil berharap bahwa nakes yang diterima dapat ditempatkan di desa asal mereka. Hal ini diharapkan akan memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Ini adalah awal dari perubahan yang akan kita lakukan untuk menciptakan masa depan yang lebih sehat. Dalam tiga hingga empat bulan ke depan, insentif akan diberikan kepada mereka melalui program bantuan keuangan desa,” tambah Arianto.

Kukar, yang terdiri dari 20 kecamatan, 193 desa, dan 44 kelurahan, berkomitmen untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan di seluruh wilayahnya terus berkembang, terutama menjelang perpindahan ibu kota negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur. (*/adv/kominfo_23)