PemDes Perangat Selatan Akan Sulap Embung Jadi Objek Wisata

Ilustrasi embung yang dikembangkan menjadi kawasan wisata. (Istimewa)

Kukar, reviewsatu.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Prangat Selatan, Kecamatan Marangkayu, saat ini tengah berupaya untuk mengembangkan potensi wisata baru dari embung yang sudah tidak berfungsi.

Untuk memaksimalkan keberadaan embung dengan luasan 2 hektare itu, Kepala Desa Perangat Selatan Sukono berencana akan menjadikannya objek wisata baru.

“Ini nantinya akan kita kembangkan untuk wisata permainan air, juga rencananya akan ada gazebo dan panggung kesenian. Untuk memfasilitasi anak-anak sekolah, sekaligus meramaikan wisata embung tersebut,” ucap Sukono.

Kemudian Sukono berencana untuk membangun kawasan budidaya ikan, di bagian hilir dari embung tersebut.

Untuk merealisasikan wacana ini, ia menerangkan bahwa pihaknya telah membangun kerjasama dengan beberapa perusahaan PT Mahakam Sumber Jaya (MSJ) untuk mengeruk embung tersebut. Mengingat embung ini telah mengalami pendangkalan.

“Setelah di keruk nanti, diarea depan akan dijadikan parkiran dan taman. Juga ada kerjasama dengan PT. Pertamina Hulu Sanga-sanga, untuk pembangunan ruko UMKM,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan perusahaan tersebut dalam perihal pendanaan pembangunan. Saat ini dana untuk pembangunan ruko UMKM telah mencapai Rp. 100 juta.

“Pembangunan embung ini bertahap. Kita sudah musyawarahkan juga dengan tokoh-tokoh masyarakat. Bahwa CSR ini, kita gunakan untuk pembangunan embung. Targetnya kami tahun 2025, pada saat saya sudah purna tugas. Embung ini sudah bisa menghasilkan PADes, karena pengelolaannya nanti oleh BUMDes,” pungkasnya. (adv/jat/boy)