Warga Desa Jantur Jadikan Amplang Usaha Sampingan

Kukar, reviewsatu.com – Desa Jantur Selatan merupakan salah satu desa penghasil ikan yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Banyak dari warga di Desa Jantur yang berprofesi sebagai nelayan dan menggantungkan perekonomian mereka pada sektor perikanan di desa tersebut.

Selama ini nelayan di Desa Jantur Selatan, aktif memproduksi ikan asin untuk dijual ke pulau Jawa. Sementara ikan hasil tangkapannya, dipasok untuk kebutuhan ikan air tawar bagi seluruh kota dan kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Hasil produksi ikan di daerah kita (Jantur Selatan) kan cukup melimpah, apalagi kalau musim panen ikan. Sangat melimpah sekali di sini,” ucap Kepala Desa Jantur Selatan, Arbain saat dikonfirmasi Selasa (16/5/2023).

Melirik potensi ikan yang melimpah itu, kini banyak dari masyarakat di Desa Jantur Selatan yang mulia membuat olahan baru dari bahan dasar ikan. Warga kini telah mulai memproduksi olahan krupuk amplang dari bahan dasar ikan belida.

Hanya saja saat ini produksinya belum bisa maksimal karena masih merintis. Meski begitu, kerupuk amplang dari Desa Jantur Selatan memiliki potensi yang besar. Bahkan produk amplang dari Desa Jantur telah dipasarkan hingga ke Kota Samarinda.

“Ini cukup potensial, cuman kan kita ini masih merintis. Jadi secara jumblah, produksinya belum besar. Untuk pemasaran sendiri, amplang ini dijual ke Samarinda,” pungkasnya. (adv/jat/boy)