Warga Tak Perlu Lagi Jauh-jauh Urus Perpajakan, Langsung Kunjungi MPP Kukar

Kukar, reviewsatu.com – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kutai Kartanegara (Kukar), Bambang Arwanto menerima kunjungan kerja (kunker) Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara), Max Darmawan ke kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) Kukar, pada Rabu (15/3/2023).

Dalam kunjungan itu, Max Darmawan mengaku terkesan dengan tempat pelayanan di MPP yang nyaman disertai penggunaan teknologi informasi yang memadai.

“Loket layanan Pajak yang ada di MPP sangat representatif, bahkan survey kepuasan masyarakat dilakukan secara real time melalui aplikasi,” ucap Max Darmawan.

Diketahui bahwa layanan Pajak yang ada di MPP Kukar diselengarakan oleh KPP Pratama Tenggarong, sejak peresmian tanggal 05 Desember 2022. Namun, masih dilakukan secara berjadwal setiap tanggal 10, 20, dan 30 setiap bulannya.

Terkait dengan jenis layanan pajak yang saat ini diselenggarakan di MPP Kutai Kartanegara yakni meliputi Pelayanan Pendaftaran NPWP, Cetak Ulang Kartu NPWP, Pembuatan Kode Billing Tanpa Akun, Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP), Konsultasi Perpajakan, dan Asistensi Layanan Mandiri.

Dengan keberadaan layanan pajak di MPP Kukar, Max Darmawan berharap dapat mempermudah masyarakat pada wilayah Tenggarong dan wilayah hulu untuk mengakses layanan KPP Pratama Tenggarong yang saat ini masih berada di Samarinda.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Bambang Arwanto mengatakan bahwa layanan pajak merupakan salah satu layanan primadona di MPP Kukar.

Hal itu ia sampaikan sebab melihat dari banyaknya jumlah masyarakat yang datang setiap harinya untuk berurusan di loket KPP Pratama Tenggarong.

Bambang mengungkapkan bahwa hingga bulan Februari 2023, layanan pajak termasuk 5 besar entitas layanan yang paling banyak menerima kunjungan di MPP Kutai Kartanegara.

“Dengan adanya layanan perpajakan di MPP Kutai Kartanegara, masyarakat tak perlu lagi ke Samarinda, cukup datang saja ke MPP sesuai jadwal pelayanan,” pungkasnya. (adv/bal)