Arfan Tunaikan Komitmen, Bendungan di Desa Sekerat Kini Sudah Beroperasi

bendungan arfan
Arfan (kedua kanan) pada syukuran diresmikannya bendungan di Desa Sekerat. (Ist)

Sangatta, reviewsatu.com – Wakil Ketua II DPRD Kutim, Arfan, mewujudkan komitmennya dalam menyerap aspirasi masyakarakat. Ia mampu merealisasikan pembangunan bendungan di Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon, Kutai Timur yang memang berawal dari usulan atau permintaan warga setempat.

Kini bendungan itu telah resmi dioperasikan. Tampak senyum lebar dan bahagia warga Sekerat atas pembangunan Bendungan itu. Mereka pun menggelar syukuran dan mengundang Arfan, Selasa (24/5/2022) siang.

Bendungan ini menjadi kebanggaan warga Dusun Mampang dan Dusun Sekerat. Bendungan ini terletak sekira 1,3 kilometer dari permukiman warga.

Arfan mengaku, telah memberi dukungan untuk pembangunan Bendungan Mampang tersebut melalui dua kali penganggaran. Dimulai sejak pertengahan 2020. Yakni Rp 85 juta. Kemudian dilanjut tahap kedua Rp 125 juta. Sampai akhirnya bendungan tersebut selesai dan bisa dioperasikan.

“Hari ini kita menggelar syukuran atas terbangunnya Bendungan Mampang ini, yang sudah beroperasi melayani kebutuhan air bersih warga sejak beberapa waktu lalu. Semoga ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat di pedalaman Dusun Mampang ini, bahkan juga nantinya bisa sampai ke Sekerat,” ucap Arfan, yang juga Ketua Partai NasDem Kutai Timur itu.

Menurutnya, bendungan tersebut sejauh ini telah melayani hingga 50 kepala keluarga (KK) di Dusun Mampang dan Dusun Sekerat. Terkhususnya wilayah permukiman yang termasuk wilayah pedalaman, jauh dari akses.

“Harapan kami, bendungan ini nantinya akan diperbesar lagi kapasitasnya, dengan harapan mampu memberi pelayanan lebih banyak untuk masyarakat luas. Terkhususnya di Desa Sekerat dan sekitarnya,” harap Arfan.

“Ke depannya, bendungan ini juga akan diupayakan lagi melalui usulan warga untuk dibangunkan kincir pembangkit tenaga listrik untuk warga setempat. Mengingat di wilayah sini layanan listrik PLN belum melayani 24 jam, sehingga manfaatnya semakin luas,” tambahnya.

Adapun pengelolaan Bendungan Mampang, lanjut Arfan, diserahkan kepada masyarakat setempat secara swadaya. Supaya dirawat dan dikelola dengan sebaik-baiknya.

Kepala Dusun Mampang, Darjad mengucapkan terima kasih kepada Arfan selaku Wakil Ketua DPRD Kutim yang merupakan wakil rakyat daerah pemilihan Kutim II. Ia dianggap berhasil merealisasikan usulan masyarakat setempat.

“Dengan terbangunnya Bendungan Mampang ini, alhamdulillah masyarakat di Dusun Mampang sudah bisa merasakan air bersih yang lancar. Terima kasih Pak Arfan, semoga diberikan kesehatan terus, supaya bisa melanjutkan perjuangan untuk memberi manfaat seterusnya,” harap Darjad.

Pelaksana Kegiatan Pembangunan Instalasi Air Bersih Mampang, Arman Mando mengatakan, beberapa usulan warga lainnya akan kembali diperjuangkan untuk melengkapi Bendungan Mampang ini.

“Kami akan usulkan kembali pembangunan tahap lebih lanjut bendungan ini, juga pembangunan kincir angin di bendungan, pembangunan jalan akses, hingga pembangunan jalan tani dan lainnya. Kami sangat bersyukur pembangunan ini terealisasi nyata, semoga berkah dan bermanfaat lebih luas,” papar Arman. (adv)