Pemkab Kukar Gelar Seleksi Terbuka untuk Isi JPT Pratama

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya ASN BKPSDM Kukar, Mukhda

Kukar, reviewsatu.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) membuka seleksi terbuka untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang kosong di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya ASN BKPSDM Kukar, Mukhda, seleksi ini bertujuan untuk mengisi jabatan eselon 2B yang kosong di 12 OPD.

“Ini untuk mengisi jabatan eselon 2B atau JPTP pada OPD yang kosong,” kata Mukhda.

Syarat untuk mengikuti seleksi ini termasuk status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), usia maksimal 56 tahun pada 8 Agustus 2024, serta kompetensi teknis, manajerial, dan kultural sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang ditetapkan.

Selain itu, kandidat harus memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam bidang terkait, rekam jejak jabatan yang baik, integritas, moralitas yang baik, serta kesehatan jasmani dan rohani.

Selain persyaratan umum, peserta juga harus memenuhi persyaratan khusus, seperti memiliki pangkat atau golongan ruang minimal Pembina (IVa), kualifikasi pendidikan minimal Sarjana atau Diploma IV sesuai dengan jabatan yang dilamar, dan pengalaman menduduki jabatan administrator Eselon IIIA minimal 2 tahun atau Eselon IIIB minimal 3 tahun.

“Tahun ini berbeda karena peserta dapat memilih atau melamar pada dua OPD,” ujar Mukhda.

OPD yang mengalami kekosongan jabatan antara lain Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Kepala Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang, serta beberapa dinas lainnya termasuk Koperasi dan UKM, Perkebunan, Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kominfo, Pariwisata, Kesehatan, dan Perindustrian dan Perdagangan.

“Sampai saat ini baru ada dua PNS yang mendaftar. Pendaftaran bisa dilakukan melalui https://bit.ly/selterJPTP-Kukar2024,” tambah Mukhda.

Mukhda berharap peserta yang mengikuti seleksi ini benar-benar memiliki kompetensi di bidangnya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang baik. (Adv/Diskominfo Kukar)