Pembangunan Gedung Baru Pemdes Bukit Raya: Wajah Baru Pelayanan Publik

Kukar, reviewsatu.com – Momentum pembaharuan di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar), ditandai dengan diresmikannya gedung baru Pemerintah Desa (Pemdes) Bukit Raya. Bupati Kukar, Edi Damansyah bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), mengukuhkan penggunaan gedung tersebut pada Minggu (7/4/2024), yang diharapkan menjadi awal dari transformasi layanan publik di desa.

Dalam peresmian tersebut, Edi Damansyah menyampaikan aspirasinya agar gedung baru ini menjadi simbol dari semangat dan pola kerja baru bagi aparatur desa.

“Harapan kita, gedung baru ini bukan sekadar fisik bangunan, tetapi juga membawa angin segar dalam pelayanan kepada masyarakat,” ucap Edi.

Edi menekankan bahwa kantor yang baru dan megah harus diimbangi dengan peningkatan kinerja yang signifikan, terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat Desa Bukit Raya.

“Perubahan harus dimulai dari cara kita bekerja, berinovasi, dan melayani. Gedung baru ini harus menjadi pusat dari semua itu,” tambahnya.

Bupati juga mengingatkan bahwa kepala desa dan jajarannya harus mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman dan harapan masyarakat.

“Kita harus bergerak cepat, beradaptasi dengan perkembangan, dan selalu mencari cara-cara baru dalam bekerja,” pesan Edi.

Pemkab Kukar telah memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan gedung baru ini melalui Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD).

“Pembangunan ini adalah bukti nyata dari komitmen kita untuk memajukan desa. Kami memberikan dukungan, baik dari sisi kebijakan maupun pembiayaan,” ungkap Edi.

Arianto, S.Sos., M.Si, Kadis PMD Kukar, juga menyoroti pentingnya pembangunan desa yang tidak hanya terfokus pada SDM, tetapi juga infrastruktur.

“Kami ingin masyarakat merasakan langsung manfaat dari pembangunan ini. Mari kita jaga kekompakan dan bekerja sama untuk kemajuan desa kita,” ajak Arianto.

Dengan semangat baru dan dukungan yang kuat dari Pemkab Kukar, Pemdes Bukit Raya siap menghadirkan wajah baru dalam pelayanan publik yang lebih efisien dan efektif, sekaligus menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam pembangunan dan pelayanan masyarakat. (adv)