Dinkes Kukar Jamin Layanan Kesehatan Selama Libur Idulfitri

RSUD AM Parikesit.

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara (Dinkes Kukar) menjamin kontinuitas layanan kesehatan selama masa liburan Idulfitri 1445 Hijriah. Sistem shift kerja akan diberlakukan untuk memastikan layanan tetap aktif dari tanggal 8 hingga 15 April 2024.

dr W Nuraida, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kukar, menginformasikan bahwa puskesmas di setiap kecamatan akan beroperasi dengan sistem shift, termasuk puskesmas yang menyediakan layanan rawat inap yang akan buka 24 jam.

Di Tenggarong, tenaga medis akan berada di posko-posko kesehatan yang strategis. “Puskesmas rawat inap akan tetap buka 24 jam. Di Tenggarong, kami telah menyiapkan posko-posko kesehatan,” kata dr Nuraida.

Public Safety Center (PSC) 119 telah diresmikan oleh Dinkes Kukar untuk tanggap darurat medis, bekerja sama dengan PMI Kukar dan institusi lain. Masyarakat diimbau untuk menggunakan video call saat menghubungi PSC 119 untuk penilaian situasi yang lebih akurat.

Semua RSUD di Kukar memastikan layanan IGD akan tersedia 24 jam. RSUD AM Parikesit Kukar akan membuka beberapa poliklinik pada tanggal 8 dan 15 April 2024.

Pada tanggal 8 April, poliklinik yang tersedia meliputi Klinik Anak, Obsgin, Bedah Plastik, Bedah Anak, Jantung, Saraf, Penyakit Dalam, Hemato-Onkologi, dan Paru. Pada tanggal 15 April, tersedia layanan Klinik Anak, Bedah Umum, Bedah Anak, Jiwa, Kulit dan Kelamin, Jantung, Saraf, Penyakit Dalam, dan Urologi.

“Poliklinik akan beroperasi dari jam 08.00 hingga 12.00 siang,” tambah dr Nuraida. (adv)