Dua Pabrik Pengolahan Buah Kelapa Akan Dibangun Tahun Ini

Asisten III Sekkab Kukar, Totok Heru Subroto. (Istimewa)

Kukar, reviewsatu.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) rencananya akan membangun dua pabrik pengolahan kelapa di dua titik tahun 2023 ini. Pembangunan pabrik pengolahan kelapa itu dibangun untuk meningkatkan produksi buah kelapa di Kukar.

Diketahui bahwa Kukar memiliki potensi yang cukup tinggi dari perkebunan buah kelapanya. Bahkan, produksi buah kelapa di Kukar terbilang sangat tinggi yakni 700 ton per tahunnya.

Asisten III Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Totok Heru Subroto mengatakan bahwa produksi kelapa di Kukar dinilai sangat menjanjikan sehingga perlu adanya pengembangan di industri perkebunan kelapa.

“Untuk itu, Pemkab Kukar melalui Disperindag akan membagun pabrik kelapa, yang diharapkan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. Dengan berbagai macam produk yang akan dihasilkan dari industri kelapa tersebut,” ucap Totok saat dikonfirmasi, Senin (8/5/2023).

Totok mengungkap bahwa, nantinya pabrik pengolahan kelapa itu akan dibangun di dua titik yakni Kecamatan Muara Jawa dan Samboja.

“Kedua pabrik ini, akan dibangun pada anggaran perubahan APBD tahun 2023. Untuk lokasinya sendiri berada di Kecamatan Muara Jawa dan Samboja. Melalui anggaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar,” ungkapnya.

Dengan kehadiran pabrik ini, Totok berharap mampu meningkatkan nilai jual buah kelapa di Kukar. Sehingga dapat berdampak langsung pada kesejahteraan petani kelapa di Kukar.

“Pembangunan dua unit pabrik kelapa ini, akan menelan biaya Rp4 Miliar. Semoga dengan keberadaan pabrik ini, dapat meningkatkan perekonomian para petani kelapa,” pungkasnya. (adv/jat/boy)