Tanamkan Nilai Politik Sejak Dini, Kesbangpol Sosialisasi ke Sekolah

Kukar, reviewsatu.com – Guna menanamkan nilai demokrasi dan pengertian politik sejak dini, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar terus sosialisasi di setiap sekolah.

Kepala Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti mengatakan bahwa, sosialisasi tersebut juga bertujuan di masa mendatang para siswa dapat memahami nilai-nilai demokrasi, hak asasi, partisipasi politik, serta tanggung jawab sosial.

Menurut Rinda, sosialisasi politik perlu dilakukan guna menumbuhkan karakter siswa menjadi individu kritis, demokratis, dan bertanggung jawab di masa yang akan datang.

“Selama ini orang sering menganggap datang ke tempat pemilihan suara (TPS) hanya sekedar memilih. Namun mereka tidak tahu siapa orang yang dipilih itu,” ucap Rinda, Senin (27/3/2023) lalu.

Hal ini didorong Rinda, agar nantinya masyarakat juga mengerti polituk, untuk menaikan tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum (Pemilu).

“Di tahun 2019 kemarin, tingkat partisipasi kita 81,24 persen. Tentu saja target partisipasi pemilih di tahun 2024 diharapkan lebih dari itu, karna nanti itu perpaduan antara Pileg dan Pilpres, ” ungkapnya.

Hadirnya edukasi tentang politik diharapkan dapat membuat pelajar di Kukar, bisa memahami bagaimana menilai figur dengan objektif.

“Bagaimana mereka harus memahami terlebih dahulu, apa yang menjadi visi dan misi calon dan partai sebelum menjatuhkan pilihan,” pungkasnya. (adv/jat)