Berita  

Anthony Ditunjuk Jadi Kapolres Mahulu, Empat Perwira Ikut Pindah

Kapolres Mahulu
Peninjauan Mapolres Mahulu di Kampung Ujoh Bilang yang akan diresmikan Kapolda Kaltim. (Lukman Hakim/Disway Kaltim)

Mahulu, reviewsatu.com – Setelah sembilan tahun di bawah hukum Polres Kubar, akhirnya Mahakam Ulu (Mahulu) akan memiliki Polres sendiri. Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Imam Sugianto rencananya akan melantik AKBP Anthony Rybok sebagai Kapolres Mahulu.

Kedatangan Kapolda sekaligus meresmikan Mapolres Mahulu di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, ibu kota Mahulu, Rabu (4/1/2023).

Mahulu, hasil dari pemekaran wilayah Kubar sejak 2013 memiliki luas wilayah 15.315 kilometer persegi. Meliputi lima kecamatan serta empat polsek. Yakni Polsek Long Apari yang berbatasan dengan Serawak Malaysia. Kemudian, Polsek Long Pahangai, Polsek Long Bagun, dan Polsek Long Hubung.

Kapolres Kubar AKBP Heri Rusyaman menyebutkan, jabatan Kapolres Mahulu sesuai Surat Telegram Rahasia (STR) Kapolri, dijabat AKBP Anthony Rybok. Sebelumnya, menjabat sebagai Kasubdit IV Ditintelkam Polda Kaltim. Berikut, jabatan wakapolres, para kabag dan kasat Polres Mahulu juga sudah ditetapkan.

Kehadiran Mapolres Mahulu ini pun menjadikan ajang promosi jabatan baru bagi sejumlah perwira dari Mapolres Kubar.

“Ada lima perwira Polres Kubar bergeser ke Polres Mahulu,” kata Heri.

Kelima dimaksud yakni, Kasat Polair Polres Kubar AKP Heru Santoso akan menjadi Kabag Ren Polres Mahulu. Kemudian 4 kapolsek di Polres Kubar menjadi Kabag dan Kasat di Polres Mahulu. Kemudian, beberapa perwira di Polres Kubar juga mendapat pengisian ke Polres lain untuk menjadi Kasat. Bahkan ada juga menjadi Kapolsek di Polres Kubar.

Kapolres mengakui, idealnya satu Polres memiliki 1.000 personel. Namun saat ini, Polres Kubar hanya memiliki 500 personel.

“Meski demikian, sesuai perintah pimpinan, maka kami selalu siap melaksanakan tugas,” terangnya.

Mapolres Mahulu, kata dia, untuk sementara masih menggunakan eks bangunan Puskesmas Ujoh Bilang yang sudah lama tidak digunakan. Ini sambil menunggu pembangunan Mapolres Mahulu di atas lahan hibah Pemkab Mahulu seluas 400X500 meter.

Untuk personel di empat polsek di Mahulu, tambah dia, sudah ada 100 lebih personel yang ditugaskan dari Polres Kubar. Ke depannya untuk penambahan personel Mapolres Mahulu dan pembentukan Polsek di Kecamatan Laham menjadikan kewenangan Polda Kaltim. Namun Polres Kubar sebagai Polres induk hanya membekap secara penuh dalam proses pelayanannya dan peralatan sarana prasarana lainnya. (luk/boy)