Pemkab Serahkan Beasiswa Anak yang Kehilangan Orang Tua Akibat Pandemi

beasiswa

Kukar, reviewsatu.com – Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam membantu masyarakat melalui pendidikan, Bupati Kukar Edi Damansyah serahkan beasiswa bagi 21 anak-anak usia sekolah yang telah kehilangan orang tuanya akibat pandemi Covid-19 beberapa waktu yang lalu.

“Saya selaku Bupati, memastikan hak pendidikan mereka dapat ditempuh dengan memberikan beasiswa Kukar Idaman sampai jenjang Perguruan Tinggi sebagai implementasi dari misi ke-2 Kukar Idaman yaitu meningkatkan pembangunan SDM yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya,” ucap Edi, Kamis (27/10/2022).

Beasiswa Kukar Idaman itu, diberikan Edi kepada 21 anak yatim piatu yang kehilangan kedua orangtuanya karena pandemi Covid-19 dengan sistem Beasiswa Tuntas. Yakni pemberian biaya pendidikan dari jenjang SD sampai Perguruan Tinggi hingga selesai pendidikannya.

“Bekerjasama dengan Bank Kaltimtara, penyaluran biaya pendidikan diberikan melalui rekening tabungan atas nama penerima, tanpa bunga, tanpa potongan administrasi dan tanpa ATM. Biaya pendidikan akan dicairkan setiap semester dalam tahun pelajaran/tahun akademik,” ungkapnya.

Sebanyak 21 anak yang menerima beasiswa itu berasal dari 13 Kepala Keluarga (KK) dan dari 7 kecamatan yaitu Tenggarong, Tenggarong Seberang, Samboja, Kembang Janggut, Kota Bangun, Sanga-Sanga dan Loa Janan.

“Usia termuda dari penerima beasiswa ini adalah 5 tahun atas nama Ayra Fatimah Zahra putri dari almarhum Ali Yusni Z asal kecamatan Tenggarong yang saat ini masuk di pendidikan TK. Sedangkan usia tertua adalah 23 tahun atas nama Endah Nuraini putri dari almarhum Nur Ali asal Tenggarong, dimana saat ini yang bersangkutan sedang melanjutkan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) jurusan Profesi Perawat,” pungkas Edi. (Jat/Adv/Kominfo Kukar)