BPBD Kukar Canangkan Inovasi Sadar Bencana

BPBD

Kukar, reviewsatu.com – Guna mempercepat respon dan penanganan bencana di masyarakat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara upayakan inovasi berbasis website Satu Data dan Informasi Bencana (SADAR BENCANA).

Inovasi tersebut diberikan agar menjadi peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam fase kedaruratan.

Ada tiga fase yang harus dilakukan saat keadaan darurat yakni dengan melakukan respon cepat terhadap situasi dan kondisi darurat,mengerahkan SDM dan peralatan yang dimiliki untuk melakukan pencarian, pertolongan, evakuasi, serta pemenuhan kebutuhan dasar.

Selain itu, juga diperlukan adanya informasi dan data akurat guna memastikan pelayanan bisa berjalan dengan baik. Hal ini tentunya akan dipersulit bila ada keterlambatan data yang diterima dan belum ada sistem pelaporan berbasis elektronik yang tepat dan akurat.

“Ini memang sebagian permasalahan yang dihadapi BPBD dalam merespon kejadian bencana di Kukar,” ucap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Abdal dikonfirmasi, Kamis (8/9/2022).

Oleh karena itu, BPBD Kukar juga akan menerjunkan petugas data dan informasi bencana pada tingkat kelurahan dan desa.

Menurut Abdal, perlu ada langkah penanganan kebencanaan yang dimunculkan dalam rangka pelatihan kepemimpinan administrator angkatan I tahun 2022 di Samarinda. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah LAN RI.

“Untuk aksi jangka panjang, BPBD Kukar berharap mendapat dukungan dari semua pihak. Karena bencana merupakan urusan bersama,” ungkapnya.

Inovasi dari BPBD Kukar itu pun mendapat apresiasi Bupati Kukar, Edi Damansyah, untuk meningkatkan pelayanan darurat bencana di Kukar.

“Saya berharap jangan berhenti hanya sebatas memenuhi tugas pelatihan, namun inovasi yang dibuat oleh BPBD Kukar ini harus terus dikembangkan,” kata Edi.

Tak hanya Bupati, inovasi itu juga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak yakni Sekretaris Daerah Kukar Sunggono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar Dafip Haryanto, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Ketua DPC P APDESI Kukar, Internal BPBD. Camat Kembang Janggut dan Camat Sebulu, 11 Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Kembang Janggut, Serta 14 kepala desa yang di Kecamatan Sebulu. (Jat/Adv/Kominfo Kukar)