Sambut Berbagai Event, Pelaku Ekonomi Kreatif Diminta Persiapkan Diri

event
Bupati Kukar Edi Damansyah (tengah).

Kukar, reviewsatu.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) hingga kini terus berupaya guna memaksimalkan potensi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kukar, salah satunya yakni dengan terus menyelenggarakan event-event dan festival di Kukar.

Teranyar, penyelenggaraan event Pesta Erau Adat Kutai yang dianggap sukses. Kegiatan tersebut terbukti memberikan dampak kepada pelaku UMKM, salah satunya di kawasan ekonomi kreatif Museum Mulawarman Tenggarong.

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah mengaku banyak wisatawan yang berburu suvenir khas Kutai. Tidak hanya wisatawan lokal, melainkan juga wisatawan asing.

“Festival ini kita mewadahi komunitas para pelaku seni dan budayawan. Event ini kita buat untuk masyarakat sehingga orang banyak datang ke Kukar, dengan harapan belanjanya itu disni (Kukar),” ucap Edi Damansyah, Senin (3/10/2022).

Atas hal tersebut, Edi menguraikan bahwa Pemkab Kukar akan memfasilitasi pendampingan dan peningkatan kelembagaannya. Termasuk juga sektor permodalannya dan SDM-nya sehingga memiliki keahlian yang bisa dijual.

“Artinya masyarakat harus menyiapkan diri. Sangat disayangkan jika tidak disambut, bagaimana kita memproduk sesuatu di Kukar sehingga momen seperti bisa laku jualannya,” pungkasnya. (Jat/Adv/Kominfo Kukar)