Karya Bakti Kawasan Pertanian Sebulu-Muara Kaman Dilaksanakan Oktober

Muara Kaman
Bupati Kukar Edi Damansyah.

Kukar, reviewsatu.com – Pasca suksesnya pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada Juli-Agustus lalu, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) gandeng kembali Kodim 0906/Kukar guna merencanakan karya bakti di Kecamatan Muara Kaman dan Sebulu pada Oktober 2022 mendatang.

Dalam kegiatan itu nantinya diperkirakan terdapat lima desa yang akan mendapatkan dampak baiknya. Yakni Desa Panca Jaya, Sidomukti, Cipari Makmur di Kecamatan Muara Kaman, dan Desa Manunggal Daya dan Mekar Jaya di Kecamatan Sebulu.

“Fokus infrastruktur pertanian, seperti jalan usaha tani, irigasi, dan embung. Konsepnya juga melanjutkan kawasan pertanian yang ditetapkan dalam RPJMD Kukar,” ucap Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah saat dikonfirmasi di sela-sela peninjauan Pilkades serentak, Rabu (14/9/2022).

Pada kelima desa tersebut, diungkapkan Edi ada sekitar 1.400 hektare lahan pertanian yang diharapkan akan berubah menjadi sawah irigasi. Tujuan utama perubahan sawah tadah hujan menjadi sawah irigasi tentunya untuk meningkatkan hasil panen per tahunnya.

Tak hanya itu, juga diperlukan adanya peningkatan jalan usaha tani di kelima desa itu, agar saling terhubung satu sama lainnya, termasuk saluran irigasinya.

Pada karya bakti ini, sedikitnya akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 4,9 miliar yang dianggarkan melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar.

“Fokus utama karya bakti itu yakni pembangunan dan peningkatan jalan usaha tani sepanjang 9 kilometer (km), 22 unit jembatan dan 16 gorong-gorong irigasi,” ungkapnya.

Sedikitnya 100 personel TNI akan turun langsung dan terlibat pada Karya Bakti TNI-Pemkab Kukar itu.

“Pelaksanaan memakan waktu pengerjaan selama 60 hari, diperkirakan dikerjakan setelah 5 Oktober 2022,” pungkasnya. (Jat/Adv/Kominfo Kukar)