Prosesi Belimbur, BPBD Kukar Siapkan Dua Tim

belimbur
Kantor BPBD Kukar. (ist)

Kukar, reviewsatu.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara (Kukar) pastikan akan turunkan dua tim dalam pelaksanaan prosesi adat Belimbur, Ahad (2/10/2022). Dua tim tersebut akan dibagi yakni untuk darat dan di perairan Sungai Mahakam.

Sedikitnya, BPBD Kukar menyediakan lima unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan untuk tim darat. Dengan masing-masing unit berisikan 4 personil dan bertugas untuk mengisi air bersih ke drum-drum atau tandon yang disiapkan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kukar.

“Jadi masyarakat tidak mencari air sembarangan,” ujar Plt BPBD Kukar, Edy Mardian pada Sabtu (1/10/2022).

Sementara tim air dibentuk agar mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Termasuk menggandeng sejumlah relawan untuk ikut mengisi air bersih ke tandon atau drum, serta melakukan evakuasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Tim SAR mungkin (menurunkan) 1 regu,” ungkapnya.

Dengan adanya suplai air dan tandon yang disiapkan oleh sejumlah OPD di Kukar, harapannya masyarakat bisa mematuhi peraturan yang diatur dalam Titah Sultan Aji Muhammad Arifin, yakni tidak menggunakan air yang kotor.

Edy juga memastikan bahwa setiap tahunnya, BPBD selalu terlibat dalam pelaksanaan ritual adat Belimbur. Termasuk Belimbur yang terakhir dilaksanakan pada tahun 2019 lalu.

“Untuk pelaksanaan Erau-nya kami selalu terlibat, sedangkan untuk penyediaan airnya ini baru tahun ini,” pungkasnya. (Jat/Adv/Kominfo Kukar)