Warga Sungai Pinang Dalam Dapat Motor di Senam Merah Putih

senam merah putih
Dahlan Iskan (tengah) bersama sang Istri (kanan). (Ist)

Samarinda, reviewsatu.com – Sungguh tak disangka, Yuniati Ulfah– warga Sungai Pinang Dalam, Samarinda, beruntung mendapatkan hadiah satu unit motor Honda Revo ketika mengikuti Senam Merah Putih gelaran Disway Kaltim-Kaltara dan Komunitas Jalan Sehat (KJS) di eks Bandara Temindung, Samarinda, Minggu (14/08/2022) pagi.

Senam Merah Putih ini dihelat memperingati HUT ke-77 RI. Kendati subuh sempat hujan, namun ketika pelaksanaan kegitan sekitar pukul 07.00 Wita sudah mereda. Sehingga kegiatan senam berlangsung lancar dan meriah.

Panitia dari Komunitas Jalan Sehat (KJS) dan Disway juga terlihat bersemangat. Pun ratusan peserta yang hadir saat itu. Mereka mengikuti gerakan senam Dahlan Style yang dipimpin oleh Dahlan Iskan sendiri
bersama sang istri. Serta ada 10 instruktur dari Surabaya.

Para peserta senam juga mengenakan pakaian beragam. Ada juga yang mengenakan seragam komunitas. Sambil senam, masing-masing mengibarkan bendera merah putih kecil yang disediakan panitia. Panitia sendiri membagikan 1.500 kupon doorprize kepada peserta senam.

Dahlan Iskan setelah selesai senam menyampaikan bahwa dirinya setiap pagi melakukan senam. Setiap pagi. Kecuali hari Senin, libur. Karena itu di usianya yang kini menginjak 71 tahun masih terlihat enerjik dan lincah. “Saya sudah punya 22 lagu senam (Dahlan Style, Red.). Setiap hari ya senam menghabiskan 22 lagu itu,” kata mantan Menteri BUMN era SBY itu. Dan pada Senam Merah Putih ini, kata dia, baru memainkan 11 lagu. Pun itu sudah memakan waktu sekitar 1 jam.

Ungkapan Dahlan tersebut karena ada peserta senam yang bertanya. Kenapa di usianya yang sudah 71 tahun itu Dahlan masih terlihat lincah. Padahal, beberapa tahun silam Dahlan divonis sakit. Dan sudah operasi transplantasi hati. Resep menjaga kebugarannya ya dengan melakukan senam setiap hari.

“Acara ini harus digelar lagi, tahun depan,” ajak Dahlan.

Hadir pula Pj Sekdaprov Kaltim, H Riza Indra Riyadi dan Kadiskominfo Kaltim Muhammad Faisal, mewakili Pemprov Kaltim. Kemudian tampak pula mantan Rektor Universitas Mulawarman Masjaya, Komandan Korem 091/ASN Brigjen Dendi Suryadi dan Kepala Disporapar Samarinda, Muslimin.

“Kami dari Dinas Pemuda Olahraga Samarinda mengapresiasi aktivitas Disway dan KJS bersama pak Dahlan. Ayo bangkitkan semangat sehat melalui senam. Nanti kami akan beri apresiasi uang pembinaan bagi yang berprestasi,” ujar Muslimin.

Komandan Korem 091/ASN, Brigjen Dendi Suryadi mengatakan bahwa di masa pandemi saat ini harus bangkit. Dengan cara banyak melakukan kegiatan menyehatkan dan olahraga. Seperti senam dan jalan sehat. Agar sebanyak 230 persendian tubuh bisa tetap lentur dan bekerja normal semestinya.

“Kita ketahui pak Dahlan ini terlihat sehat dan semangat. Ini karena selalu membudayakan hidup sehat. Mari kita budayakan sehat dengan aktivitas senam,” ajak Dendi.

Kegiatan berakhir sekitar pukul 10.30 Wita. (R1)