Diskominfo Kukar Maksimalkan Koneksi Internet di Seluruh Kecamatan

Kepala Bidang Aptika Diskominfo Kukar, Ery Hariyono,

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya memaksimalkan koneksi internet bagi masyarakat di 20 kecamatan se-Kabupaten Kukar.

Menurut Kepala Bidang Aptika Diskominfo Kukar, Ery Hariyono, target program Digitalisasi Pelayanan Publik (DISAPA) adalah memastikan adanya jaringan di seluruh desa, khususnya pada kantor pemerintahan desa.

“Pada RPJMD Kukar 2021-2026, ada 23 desa yang menjadi sasaran, beberapa di antaranya ditangani oleh Kementerian Kominfo RI,” ujar Ery.

Desa yang menjadi program pemerintah pusat termasuk Desa Benua Baru, Long Belen Modang, Umaq Dian, dan Umaq Tukung. Sementara, desa yang telah dipasang Base Transceiver Station (BTS) oleh provider termasuk Desa Rantau Hempang, Batuq, Muara Salung, dan sejumlah lainnya.

Diskominfo Kukar juga melakukan upaya memaksimalkan jaringan dengan membangun Repeater, sebuah alat penguat sinyal yang dipasang di titik dengan konektivitas rendah.

“Beberapa desa telah memasang repeater mandiri seperti Desa Bendang Raya dan Suka Bumi,” tambahnya.

Sementara pemasangan repeater oleh Diskominfo Kukar meliputi desa Buluq Sen, Sallo Cela, Wonosari, dan beberapa lainnya.

“Kami fokus pada penguatan sinyal khususnya di kantor pemerintahan desa agar digitalisasi berjalan dengan baik,” kata Ery.

Diskominfo juga melakukan inventarisasi terkait wilayah dengan jaringan lemah melalui usulan dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa hingga kabupaten.

“Kami bersinergi dengan OPD terkait untuk memastikan daerah yang lemah sinyal bisa teratasi,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)