Diskominfo Kukar Luncurkan Program Digital University untuk Tingkatkan SDM

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Kukar, Ery Hariyono.

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memperkenalkan program inovatif bernama Digital University. Program ini dirancang untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Kukar, Ery Hariyono, mengungkapkan bahwa Digital University akan menawarkan fasilitas pendidikan yang mirip dengan model Carport University yang populer di perusahaan internasional.

“Kami berencana menyediakan antara 150 hingga 200 PC di berbagai kelas untuk mendukung ujian online dan pembelajaran online,” ujar Ery.

Fasilitas ini akan berlokasi di Stadion Aji Imbut, memanfaatkan ruangan eks media center yang saat ini sedang direhabilitasi.

Selain itu, program ini juga akan mendukung Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dengan menyediakan ruang Computer Assisted Test (CAT) yang lebih luas.

Diskominfo berharap dapat segera mengoperasikan program ini tahun ini, dengan pengadaan perangkat IT yang sedang berlangsung.

Program ini tidak hanya melibatkan Diskominfo, tetapi juga Dispora dan BKPSDM, untuk menciptakan kerja sama yang lebih luas antar perangkat daerah.

Digital University juga membuka peluang kerja sama dengan instansi lain dan berkontribusi pada pengembangan di daerah hulu dan pesisir.

Program ini akan menyelenggarakan kelas-kelas wajib untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka peningkatan kompetensi tahunan.

“Kami menargetkan untuk meresmikan program ini sebelum akhir tahun,” tutup Ery. (Adv/Diskominfo Kukar)