DPMD Kukar Anggarkan Rp 134 Miliar untuk Program Menuju Desa Maju 2024

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) telah berhasil mencapai target program tahun 2023 dengan sempurna, menandai pencapaian 100%. Program yang berhasil ini mencakup peningkatan kualitas lembaga kemasyarakatan dan pemerintahan desa, yang merupakan langkah penting dalam transformasi desa berkembang menjadi desa maju.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, mengungkapkan, capaian tahun 2023 ini menandakan komitmen yang kuat untuk memajukan pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan standar pemerintahan desa. “Kami bertekad untuk melanjutkan capaian ini ke tahun 2024,” ucapnya.

Meskipun target telah tercapai secara keseluruhan, masih ada beberapa program yang perlu ditingkatkan, termasuk penataan desa yang mencakup perencanaan tata ruang, administrasi pemerintahan desa yang tertib, dan pertumbuhan pendapatan BUMDesa.

Fokus pada pemberdayaan lembaga kemasyarakatan, lembaga adat, dan masyarakat hukum adat, dengan penekanan pada posyandu aktif, juga menjadi prioritas. Anggaran yang direalisasikan untuk program ini mencapai Rp77,5 Miliar.

Untuk tahun 2024, DPMD menargetkan nilai AKIP sebesar 82, meningkat dari nilai AKIP tahun 2023 yang berada di angka 80. Dengan anggaran sebesar Rp134,79 Miliar, diharapkan semua program DPMD dapat mencapai realisasi 100%.

Arianto menyoroti tantangan dalam pencapaian IKU tahun 2023, termasuk akses antar desa yang masih terisolasi, kurangnya listrik penerangan di beberapa desa, dan akses yang terbatas terhadap sarana pendidikan.

Kekurangan SDM Tenaga Kesehatan, akses informasi, layanan air bersih, serta mitigasi bencana yang ditargetkan mencapai 66,7% pada tahun 2025 juga menjadi fokus perhatian.

“Untuk mencapai target-target tersebut, kami memerlukan dukungan dan partisipasi dari OPD lainnya,” ucap Arianto. Ini termasuk pengadaan tenaga dokter dan kesehatan, peningkatan kualitas jalan desa, instalasi PDAM, pencegahan bencana, pembangunan pasar permanen dan koperasi, transportasi, taman baca, pelaksanaan kegiatan PKBM/Kejar paket A,B,C, pembangunan Unit PAUD, penyediaan tempat sampah, lapangan olahraga, dan peningkatan jaringan internet desa.

Dengan rencana strategis yang telah disusun, DPMD Kukar berambisi untuk terus memajukan kondisi desa-desa di Kukar, menuju visi desa maju di tahun 2024. (adv)