Strategi DPMD Kutai Kartanegara dalam Meningkatkan Penyerapan Anggaran Desa

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berinovasi untuk meningkatkan penyerapan anggaran desa. Hingga April 2024, dari total anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 26 miliar, DPMD Kukar telah berhasil menyerap dana sebesar Rp 10 miliar.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, menegaskan bahwa kendala teknis yang dihadapi tidak menghentikan upaya mereka untuk mencapai efisiensi anggaran. Tantangan dalam penyesuaian Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan pengukuhan pejabat baru telah berhasil diatasi dengan strategi yang efektif.

Sebagai bagian dari solusi, DPMD Kukar telah melakukan penyesuaian proposal pengadaan infrastruktur desa dan memperbaharui program Data Desa Presisi. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat penyerapan anggaran yang telah direncanakan.

“Kami bertekad untuk menyelesaikan semua dokumen pada akhir April. Dengan demikian, realisasi fisik dan pembayaran dapat kami tuntaskan pada bulan Mei,” ujarnya.

Arianto optimis bahwa dengan langkah-langkah yang telah diambil, penyerapan anggaran akan meningkat secara signifikan dalam waktu dekat.

“Target kami adalah menyelesaikan semua dokumen pada akhir April, sehingga realisasi fisik dan pembayaran dapat diselesaikan pada bulan Mei,” tutupnya. (adv)