Langkah DPMD Kukar Mendorong Ekonomi Desa Melalui Pariwisata

Arianto.

Kukar, reviewsatu.com – Dalam usaha untuk mempercepat kemajuan ekonomi desa yang berfokus pada pariwisata, Arianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kutai Kartanegara (DPMD Kukar), menekankan pentingnya peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai entitas yang strategis.

“Kami berambisi untuk menjadikan Bumdes sebagai agen perubahan yang efektif, yang mampu memanfaatkan potensi desa untuk meningkatkan pendapatan desa,” ujar Arianto.

Arianto menambahkan, kolaborasi antara Bumdes dan pengelolaan pariwisata desa diharapkan akan memperkuat ekonomi desa di Kutai Kartanegara. Beliau menyoroti bahwa beberapa desa di Kukar telah menunjukkan kemajuan yang baik dalam pengembangan pariwisata, dengan dukungan dari Bumdes.

“Kemitraan antara usaha individu dan Bumdes adalah kunci untuk mencapai kesejahteraan desa,” lanjutnya.

Arianto juga menyampaikan harapannya bahwa inisiatif ini akan meningkatkan ekonomi desa dan kesejahteraan masyarakat, terutama di desa-desa wisata di Kukar yang memiliki potensi yang belum sepenuhnya tergali.

“Kami berkomitmen untuk menciptakan kerjasama yang efektif antara pemerintah desa, komunitas lokal, dan pelaku usaha pariwisata, dengan komitmen yang kuat,” tutup Arianto. (adv)