DPMD Kukar Dampingi Safari Ramadan Bupati, Harap Sinergi Positif Pemerintah dan Masyarakat

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar kembali jalani safari Ramadan bersama Bupati Kuka Edi Damansyah, dimulai dengan kunjungan ke Masjid Al Hidayah di Desa Bendang Raya, Kecamatan Tenggarong, pada Jumat (23/3/2024).

Dalam kunjungan yang turut dihadiri oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kukar, KH Abdul Hanan, dan para kepala OPD, Bupati Edi Damansyah berbagi kebahagiaan dengan warga melalui buka puasa bersama dan shalat Maghrib berjamaah. Tak hanya itu, beliau juga menyalurkan bantuan berupa paket kebutuhan pokok pangan dan peralatan ibadah, sebagai dukungan nyata kepada masyarakat di bulan yang penuh berkah ini.

Bupati Edi menyampaikan apresiasi kepada kepala desa, takmir masjid, dan para ibu yang telah mempersiapkan sambutan hangat dan hidangan untuk berbuka puasa.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menjalin silaturahmi dan memperkuat ukhuwah islamiah, terutama di bulan Ramadan,” ucap Edi Damansyah.

Selain itu, Bupati Edi mengumumkan rencana renovasi Masjid Al Hidayah untuk meningkatkan kenyamanan ibadah masyarakat. Menurutnya, masjid berperan penting tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat aktivitas sosial yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Dalam rangkaian kunjungan ini, Bupati Edi didampingi oleh Manajer PT. Eni Muara Bakau, perusahaan migas yang beroperasi di Samboja. Pemkab Kukar dan PT. Eni Muara Bakau telah berkolaborasi dalam program pembinaan pertanian, termasuk pembuatan demplot tanaman Melon di Desa Bendang Raya, sebagai upaya membangun pertanian yang berkelanjutan.

“Saya berharap kerjasama ini dapat diperluas, tidak hanya di Samboja tetapi juga di lokasi lain, untuk menjadi contoh percontohan,” tutur Bupati Edi, menunjukkan visi pembangunan yang inklusif.

Kepala DPMD Kukar Arianto katakan kegiatan Safari Ramadan ini menegaskan komitmen pemerintah memperkuat hubungan sosial dan mendukung kesejahteraan masyarakat.

“Langkah-langkah konkret ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang positif antara pemerintah daerah dan masyarakat, mendorong Kukar menuju masa depan yang lebih maju dan harmonis,” ucapnya. (adv/boy)