Visi DPMPD Kukar: Tancap Gas Menuju Desa Mandiri, Inisiatif Baru untuk Kemajuan Lokal

Kukar tak lagi memiliki desa sangat tertinggal
Kepala DPMD Kukar, Arianto. (Istimewa)

Kukar, reviewsatu.com – Dalam langkah progresif menuju kemandirian desa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar), Arianto, memaparkan visi strategisnya. Arianto menekankan bahwa kesehatan dan ekonomi adalah dua sektor kunci yang harus diperkuat untuk mencapai kemandirian desa.

“Tujuan saya adalah agar desa-desa di Kukar dapat semakin maju dan mencapai level mandiri,” ujar Arianto, Kamis (21/3/2024). Menyoroti pentingnya perputaran pengelolaan keuangan yang aktif untuk mendorong ekonomi desa.

Arianto juga mengungkapkan tantangan yang dihadapi beberapa desa karena keterbatasan jumlah penduduk dan potensi yang dimiliki. Untuk mengatasi ini, DPMD Kukar berinisiatif mendorong staf dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

“Harapannya, masyarakat dapat semakin sejahtera dengan terpenuhinya semua kebutuhan dasar seperti pendidikan, kesehatan, air bersih, listrik, dan infrastruktur jalan,” harap Arianto.

“Insya Allah, dengan terpenuhinya kebutuhan dasar dan pemanfaatan potensi desa, kesejahteraan masyarakat akan meningkat.” tutupnya. (adv/boy)