Transformasi Desa Indonesia, Kukar Pimpin dengan Inovasi dan Kemandirian

Kukar, reviewsatu.com – Dalam suasana yang penuh dengan dialog konstruktif, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Muhammad Yusran Darma, S.Sos., M.Si, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional yang berfokus pada Peningkatan Kapasitas Masyarakat dan Akuntabilitas Sosial. Acara ini, yang berlangsung di Redtop Hotel Jakarta pada Jumat (28/02/2024), dibuka oleh Wakil Menteri Desa PDTT, Paiman Raharjo, dan menandai sebuah langkah penting dalam perjalanan pembangunan desa di Indonesia.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Taufik Madjid, S.Sos., M.Si, menekankan pentingnya “Akselerasi Pencapaian RPJMN 2020-2024 Bidang Pembangunan Desa dan Perdesaan menuju Desa Mandiri yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan”. Rakor ini bertujuan untuk membahas isu-isu strategis terkait pembangunan desa dan perdesaan, serta memperkuat kapasitas masyarakat dan akuntabilitas sosial.

Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Sugito, S.Sos MH, dalam laporannya kepada Wakil Menteri Desa PDTT, menyoroti bahwa pembangunan desa merupakan komponen kunci dalam pembangunan nasional. “Tujuan pembangunan desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan, kualitas hidup masyarakat desa, dan mempercepat pengentasan kemiskinan,” ujar Sugito, menambahkan dimensi penting pada diskusi.

Wakil Menteri Desa PDTT, Paiman Raharjo, menggarisbawahi kebutuhan mendesak akan transformasi dan penguatan posisi desa sebagai subjek utama pembangunan. “Dengan transformasi ini, desa-desa di Indonesia akan bergerak lebih inovatif dan kreatif dalam memanfaatkan potensi lokal serta menyelesaikan permasalahannya,” kata Paiman, menunjukkan visi untuk masa depan yang lebih mandiri dan berkelanjutan.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, menutup Rakor yang berlangsung selama tiga hari, dari 28 Februari hingga 1 Maret 2024. “Kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat dan akuntabilitas sosial,” ungkap Yusran, menandai pentingnya partisipasi DPMD Kukar dalam Rakor tersebut.

Partisipasi DPMD Kukar dalam Rakor ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam memajukan pembangunan desa yang mandiri dan berkelanjutan, sejalan dengan visi pemerintah pusat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi Kukar untuk berkontribusi aktif dalam pembangunan desa di tingkat nasional, memperkuat fondasi untuk desa yang lebih inovatif, mandiri, dan berdaya saing tinggi. (adv/boy)