DPMD Kukar Targetkan Peningkatan Kinerja Desa di 2024

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) telah mengadakan Forum Lintas Perangkat Daerah untuk membahas hasil evaluasi tahun 2023 dan menetapkan target-target strategis untuk tahun 2024.

Kepala DPMD Kukar, Ariyanto, memaparkan bahwa program tahun 2023 telah berhasil mencapai realisasi 100 persen dengan indikator utama adalah perkembangan lembaga kemasyarakatan, peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintah desa, dan transisi status desa dari berkembang menjadi maju.

Dalam forum yang berlangsung pada Rabu (13/3/2024), Ariyanto menyampaikan bahwa meskipun ada beberapa program yang belum sepenuhnya mencapai target, seperti penataan tata ruang desa dan administrasi pemerintahan desa, serta pertumbuhan pendapatan BUMDesa, DPMD Kukar tetap optimis dengan progres yang telah dicapai.

“Kami telah menyiapkan anggaran sebesar Rp77,5 miliar untuk realisasi program-program ini dan akan terus berupaya mencapai target-target yang telah ditetapkan,” ujar Ariyanto.

Untuk tahun 2024, DPMD Kukar menargetkan peningkatan nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) menjadi 82, meningkat dari nilai 80 di tahun sebelumnya, dengan alokasi anggaran yang lebih besar yaitu Rp134,79 miliar.

“Kami berkomitmen untuk mencapai realisasi program 100 persen di tahun 2024,” tambahnya.

Ariyanto juga menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2023, termasuk akses desa yang terisolasi, kurangnya listrik penerangan, akses sarana pendidikan yang masih terbatas, serta keterbatasan SDM tenaga kesehatan.

“Kami membutuhkan dukungan dari OPD lain untuk mengatasi masalah-masalah ini, termasuk pengadaan tenaga dokter dan kesehatan, peningkatan infrastruktur desa, dan pencegahan bencana,” pungkasnya.

Dengan sinergi yang kuat antara DPMD dan OPD lainnya, diharapkan target-target yang telah ditetapkan dapat tercapai dan membawa perubahan positif bagi masyarakat desa di Kukar. (adv/boy)