Musrenbang Muara Badak, Sinergi Pembangunan untuk Masa Depan Kukar

Kukar, reviewsatu.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), telah mengambil langkah strategis dalam merancang masa depan pembangunan daerah. Pertemuan yang berlangsung pada Rabu, (28/2/2024), di Café Rindang, Jl. Terminal Desa Batu Batu, ini membuka lembaran baru dialog tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun anggaran 2025.

Dengan tema yang mengedepankan “Pemantapan Pemberdayaan Masyarakat Untuk Akselerasi Dan Transformasi Pembangunan”, Musrenbang ini diresmikan oleh Camat Muara Badak, Arfan, S.Sos. Acara ini menjadi titik temu para pemangku kepentingan dari berbagai sektor, termasuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, anggota DPRD dari berbagai dapil, Bappeda, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar, kepala desa, serta perwakilan dari organisasi, militer, kepolisian, tokoh masyarakat, dan perusahaan lokal.

“Fokus diskusi Musrenbang kali ini tertuju pada pembangunan infrastruktur esensial seperti rumah sakit, sekolah, jembatan, dan jalan di Kecamatan Muara Badak. Input dari pertemuan ini akan menjadi landasan bagi penyusunan RKPD 2025 Kabupaten Kukar, serta rencana pembangunan kecamatan yang akan diajukan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berwenang,”

Musrenbang kecamatan, yang rutin diadakan setiap bulan Februari, menangani lima bidang utama pelayanan publik, pendidikan, kesehatan, prasarana, dan pertanian. Forum ini menjadi sarana penting untuk mengumpulkan input dari masyarakat dan pemangku kepentingan, yang kemudian disepakati sebagai rencana kegiatan lintas desa di kecamatan.

“Melalui Musrenbang, Kecamatan Muara Badak menunjukkan komitmennya untuk membangun masa depan yang lebih baik melalui kolaborasi yang erat antara pemerintah daerah dan masyarakat, memastikan bahwa setiap program yang dirancang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi warga. Kegiatan ini menjadi bukti nyata dari sinergi yang dibangun untuk mencapai visi pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Kukar,” pungkasnya. (adv/boy)