Peresmian Fasilitas Air Bersih di Perangat Selatan, Komitmen Kukar untuk Kesejahteraan Masyarakat

Bupati Kukar Edi Damansyah. (Ist)

Kukar, reviewsatu.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) telah mengambil langkah nyata dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peresmian fasilitas air bersih di Perangat Selatan.

Acara yang berlangsung pada Senin (26/2/2024) ini, dihadiri oleh Kabid Penataan Desa, Atih Hayati AP, menandai upaya pemerintah daerah dalam memastikan akses air bersih bagi warganya.

Bupati Kukar, Edi Damansyah, yang meresmikan fasilitas tersebut, menekankan pentingnya pengelolaan dan kontrol pelayanan air bersih oleh masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Keterlibatan aktif masyarakat dalam pengawasan merupakan kunci untuk menjaga kualitas layanan ini,” ujar Edi dalam sambutannya.

Edi juga mengingatkan tentang pentingnya integritas dan kejujuran dalam pengoperasian BUMDes, yang akan menentukan keberhasilan program ini. Ia mengapresiasi Kepala Desa Perangat Selatan yang telah menyelesaikan pembangunan infrastruktur ini dan bersiap untuk operasionalisasi selanjutnya.

Kepala Desa Perangat Selatan, Sarkono, mengungkapkan bahwa peningkatan kapasitas air bersih merupakan respons terhadap kebutuhan masyarakat yang terus bertumbuh.

“Kami berterima kasih kepada Bupati yang telah mendukung penambahan infrastruktur ini, yang kini telah selesai dan siap beroperasi,” kata Sarkono.

Program yang telah dijalankan BUMDes selama dua tahun ini telah berhasil menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PAD) hingga Rp110 juta. Keberhasilan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan jumlah pelanggan dan memastikan ketersediaan air bersih yang memadai bagi masyarakat Perangat Selatan.

Dengan peresmian fasilitas air bersih ini, DPMD Kukar dan pemerintah desa berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat, serta mendukung kegiatan ekonomi dan sosial di Perangat Selatan. Ini merupakan langkah baru menuju pelayanan masyarakat yang lebih baik dan berkelanjutan. (adv/boy)