Anggana Gelar Musrenbang RKPD 2025, Wujud Nyata Pemberdayaan Masyarakat

Kukar, reviewsatu.com – Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), telah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan untuk membahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2025.

Acara yang dibuka oleh Camat Anggana, Rendra Abadi, S.STP., M.Adm,KP, ini diadakan di Gedung H.Hame, Jl.Mahakam RT.06 Desa Sungai Mariam, pada hari Senin (26/2/2024).

Musrenbang RKPD Kukar tahun 2025 ini mengusung tema “Pemantapan pemberdayaan masyarakat untuk akselerasi dan transformasi pembangunan,” yang menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan.

Hadir dalam acara tersebut para pemangku kepentingan dari berbagai lapisan, termasuk DPMD Kukar, Bappeda Kukar, anggota DPRD Kukar, perwakilan dari seluruh OPD Kukar, Kepala Desa Anggana, Pimpinan Puskesmas Anggana, serta tokoh agama, masyarakat, dan pemuda. Tak ketinggalan, perusahaan-perusahaan besar di Kecamatan Anggana turut serta, diwakili oleh para pimpinan mereka.

Musrenbang ini bertujuan untuk mengumpulkan masukan dari berbagai pihak terkait prioritas pembangunan di kecamatan.

“Topik-topik yang menjadi fokus pembahasan meliputi pembangunan infrastruktur, penanggulangan kemiskinan, peningkatan layanan kesehatan, pemberdayaan kader posyandu, serta pengembangan kewirausahaan dan pariwisata,” ungkapnya.

Camat Anggana, Rendra Abadi, menegaskan bahwa pembangunan adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta.

“Kami mengajak perusahaan-perusahaan di Anggana untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR),” ujarnya.

Musrenbang ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam menyusun RKPD yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, pembangunan di Kukar dapat berjalan secara inklusif dan berkelanjutan, sejalan dengan visi dan misi daerah. (adv/boy)