Kukar Tingkatkan Kapasitas Kepala Desa Melalui Pelatihan Dana Desa

Kukar, reviewsatu.com – Dalam upaya meningkatkan kapasitas kepala desa, Kementerian Keuangan Republik Indonesia bekerja sama dengan Universitas Mulawarman, menggelar pelatihan ‘Kepala Desa Masuk Kampus’ pada Kamis (24/2/2024).

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, dihadiri oleh kepala desa dari Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Sebanyak 50 kepala desa mengikuti pelatihan ini, yang bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan potensi dana desa.

“Ini merupakan inisiatif prioritas Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan untuk meningkatkan kapasitas kepala desa dalam pengembangan dan pengelolaan keuangan desa,” ujar Arianto, S.Sos., M.Si, Kepala DPMD Kukar.

Pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pengelolaan keuangan desa.

“Universitas menjadi tempat yang tepat untuk kegiatan ini, karena dapat memberikan ilmu yang aplikatif untuk pengembangan desa, termasuk marketing dan pengembangan bisnis,” tambah Arianto.

Empat narasumber dari Universitas Mulawarman dan pihak perpajakan memberikan materi yang beragam, mulai dari optimalisasi potensi desa, studi kelayakan bisnis produk desa, kebijakan pengelolaan dana desa, hingga perpajakan bagi bendahara desa.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat struktur pemerintahan desa dan mendorong pengembangan ekonomi lokal melalui pengelolaan dana desa yang efektif dan transparan. (adv/boy)