Musrenbang Kenohan, Sinergi Pemangku Kepentingan untuk RKPD Kukar 2025

Kukar, reviewsatu.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Kenohan, Kutai Kartanegara, telah menetapkan arah baru untuk pembangunan daerah dengan target Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2025.

Acara yang dibuka oleh Camat Kenohan H. Kaspul, SE., M.Si, pada Rabu, (21/2/2024), di Dermaga Wisata Desa Semayang, mengambil tema strategis “Pemantapan pemberdayaan masyarakat untuk akselerasi dan transformasi pembangunan”.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pemimpin dan pemangku kepentingan, termasuk Kepala DPMD Kukar Arianto, S.Sos., M.Si, anggota DPRD, kepala desa, dan tokoh masyarakat. Mereka bersatu padu dalam komitmen untuk mengidentifikasi dan menyepakati prioritas pembangunan yang akan menjadi fondasi RKPD 2025.

“Dengan fokus pada pembangunan infrastruktur, penanggulangan kemiskinan, peningkatan layanan kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi lokal, Musrenbang ini bertujuan untuk merancang rencana pembangunan yang responsif dan inklusif,” ujar Kaspul dalam sambutannya.

Kaspul menekankan pentingnya Musrenbang dalam memastikan bahwa aspirasi dan kebutuhan masyarakat Kenohan terpenuhi, menandai Musrenbang sebagai titik krusial dalam perencanaan pembangunan yang partisipatif.

Arianto, dalam penekanannya pada pentingnya tahapan perencanaan yang teliti, mengungkapkan bahwa audit perencanaan menjadi fokus utama, terutama dalam penanggulangan kemiskinan dan penanganan stunting.

“Musrenbang Kenohan menjanjikan langkah maju yang signifikan dalam perjalanan Kukar menuju pembangunan yang berkelanjutan dan berorientasi masyarakat,” ungkap Arianto, menyoroti pentingnya pendekatan komprehensif dan partisipatif dalam setiap rencana pembangunan yang diusulkan.

Musrenbang Kenohan ini tidak hanya menandai komitmen terhadap pembangunan yang inklusif tetapi juga menjadi wadah kolaboratif bagi semua pemangku kepentingan untuk menyatukan visi dan usaha dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan untuk Kukar di tahun 2025. (adv/boy)