Rusman Ajak Mahasiswa FISIP Unmul Belajar di DPRD Kaltim

Samarinda, reviewsatu.com – Anggota DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub, telah berbagi pengalaman dan pengetahuannya dengan mahasiswa Program Pemerintahan Integratif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman (Unmul). Dalam sebuah kunjungan ke kampus, Rusman Ya’qub membahas berbagai aspek terkait pemerintahan dan tata naskah dinas elektronik.

“Kegiatan ini dapat membantu mereka mengetahui menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama di pemerintahan daerah,” terangnya.

Dia kemudian menjelaskan pentingnya pemahaman terkait tata naskah dinas dalam pemerintahan dan bagaimana penggunaan Tata Naskah Dinas Elektronik atau I-Government sudah mengarahkan pengelolaan administrasi pemerintahan.

Rusman Ya’qub mengungkapkan bahwa tata naskah dinas pemerintah saat ini cenderung beralih ke sistem elektronik, dan mahasiswa perlu memahami dan mengikuti perkembangan ini. Ini adalah salah satu langkah penting dalam persiapan mereka untuk menjadi profesional dalam pemerintahan dan melaksanakan tugas mereka di daerah asal masing-masing.

Selain itu, Rusman Ya’qub juga menyoroti pentingnya mahasiswa untuk memahami mekanisme dan standar operasional prosedur (SOP) di dalam pemerintahan. Dengan pemahaman yang kuat tentang administrasi dan tata kelola pemerintahan, mahasiswa diharapkan dapat menjadi profesional yang efisien dan efektif dalam mengabdi kepada masyarakat melalui pemerintahan.

Program kunjungan ini adalah bagian dari mata kuliah yang diajarkan oleh Rusman Ya’qub di FISIP Unmul. Ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa dan membantu mereka memahami proses kerja di DPRD serta pemerintahan daerah secara keseluruhan.

Mahasiswa Program Pemerintahan Integratif FISIP Unmul adalah calon ASN yang direkrut untuk mewakili berbagai kabupaten dan kota di Kalimantan Timur.

“Setelah lulus, mereka akan kembali ke daerah asal mereka dan mengabdi di pemerintahan daerah untuk mewujudkan perubahan positif dan pembangunan yang berkelanjutan,” tutupnya. (advdprdkaltim/arf/boy)