Pemerintah Perlu Kerja Sama Pengembangan SDM Layanan Kesehatan

Kutim, reviewsatu.com – Anggota  DPRD Kutim Novel Tyty Paembonan mendorong pemerintah bekerjasama mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pelayanan kesehatan, khususnya tenaga spesialis.

Novel menekankan pentingnya koordinasi efektif antara pemerintah dan lembaga pendidikan kedokteran, untuk memastikan ketersediaan dokter spesialis yang memadai.

“Sebagai seorang dokter, saya memahami betapa vitalnya komunikasi antara lulusan pendidikan kedokteran dengan rumah sakit dan pusat-pusat pendidikan kedokteran di luar Kalimantan,” Jelasnya baru-baru ini.

Di kesempatan itu, ia mengusulkan, bahwa kerjasama dapat dilakukan dengan lembaga pendidikan kedokteran di luar Kalimantan, seperti di Makassar atau Surabaya, untuk menempatkan dokter spesialis di rumah sakit (RS) Pratama di Muara Bengkal selama beberapa bulan.

“Hal ini akan membantu memperkuat layanan kesehatan di wilayah tersebut,” ujarnya.

Dirinya beranggapan, bahwa solusi untuk permasalahan ini terletak pada kerjasama dan dukungan pemerintah, dan yakin bahwa ada solusi yang dapat diimplementasikan.

“Kita kekurangan SDM Dokter spesialis, maka seharusnya kita mengambil dan menjalin kerjasama dengan dokter di luar daerah,” ungkapnya.

Lebih lanjut. Ia menjelaskan, bahwa metode seperti itu bisa saja dapat mengatasi permasalahan di Kutim khususnya di bidang dokter spesialis.

“Semoga dengan metode seperti itu, bisa memenuhi salah satu kekurangan di bagian dokter spesialis, sehingga masyarakat setempat tidak jauh berobat,” pungkasnya. (adv/boy)

Post View : 237