Jalan Dondang Rusak Parah, Perusahaan Harus Bertanggungjawab

Muhammad Samsun. (ist)

Samarinda, reviewsatu.com – Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun meminta pihak perusahaan  CV Prima Mandiri bertanggungjawab menuntaskan perbaikan Jalan Sangasanga – Dondang (Sta. 10+400 – 10+600) di Kecamatan Muara Jawa, Kukar. Pasalnya, jalur tersebut merupakan akses vital bagi masyarakat setempat.   

“Infrastruktur jalan Dondang yang menghubungkan Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda masih menjadi masalah bagi masyarakat, terutama petani,” kata Samsun di Samarinda, Senin (30/10/2023).

Samsun menyampaikan, kebanyakan yang ia temui di sana adalah petani, jadi sarana prasarana pertanian sangat dibutuhkan.

“Infrastruktur jalan Dondang ini sangat penting untuk kelancaran distribusi hasil pertanian,” kata Samsun.

Samsun mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan informasi bahwa perbaikan jalan Dondang ditargetkan selesai pada Februari 2023.

Namun, ia menegaskan bahwa perbaikan tersebut bukan merupakan tanggung jawab PUPR, melainkan perusahaan yang telah merusak jalan tersebut.

“Perusahaan yang beroperasi di sana harus bertanggung jawab atas kerusakan jalan yang mereka sebabkan,” tegas Samsun.

Pihaknya akan terus mengawasi dan mengevaluasi kinerja perusahaan tersebut. Jika mereka tidak memenuhi janjinya, pihaknya bersama pemerintah akan mengambil langkah hukum.

Samsun berharap bahwa perbaikan jalan Dondang dapat segera diselesaikan agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

“Kami juga mengimbau agar perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut dapat menjaga lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujar Samsun.

Ia mengapresiasi kontribusi perusahaan dalam pembangunan daerah, tetapi mereka juga harus memperhatikan dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan mereka.

“Kami berharap ada sinergi antara pemerintah, DPRD, perusahaan, dan masyarakat untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan,” tutur Samsun.(advdprdkaltim/arf/boy)