Pengcab IPSI Kukar Gelar Silat Bupati Cup IV

Pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 4 Tahun 2023 yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Kukar, Siswo Cahyono. (Ist)

Kukar, reviewsatu.com – Pengcab Ikatan Perguruan Silat Indonesia (IPSI) Kukar sukses menggelar Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup IV 2023, Jumat (25/8/2023) pagi.

Kegiatan dihelat di Gor Bela Diri Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang itu, dibuka langsung oleh Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni, didampingi Ketua IPSI Kukar Siswo Cahyono. Sebanyak 504 peserta se-Kukar hadir memeriahkan acara tersebut. Sedikitnya, terdiri dari usia dini, pra remaja hingga dewasa.

Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan hari ini oleh kawan-kawan IPSI Kukar, karena ini event ini sudah ke empat kalinya dilaksanakan Bupati Cup Kukar untuk IPSI seluruh perguruan perguruan di Kukar

“Ini pesertanya diluar remaja, jadi ini dipersiapkan untuk atlet-atlet muda di Kukar. Karena kedepan event yang akan mewakili Kukar pada event POPDA Provinsi Kaltim yang akan dilaksanakan di Paser. Dan ini bagian persiapan kita, mengukur kemampuan atlet kita di Kukar. Dimana kita selalu juara umum di ajang pencak silat yang dilaksanakan di event Provinsi Kaltim,” ungkap Ali Jum’at (25/8/23).

Ali berharap kegiatan ini betul-betul dijadikan untuk mengukur kemampuan dari pelatih maupun pesertanya. Bagiamana kemampuan mereka selama ini berlatih.

“Kemudian dalam event ini mereka harus menunjukkan semua kemampuan, meraih kejuaan terbaik. Tapi juga tidak meninggalkan rasa persahabatan, pertemanan, persahabatan, dan persaudaraan di perguruan yang ada di Kukar,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua III DPRD Kukar, sekaligus Ketua IPSI Kukar Siswo Cahyono mengatakan saat ini IPSI Kukar sedang melakukan Kejuaraan Bupati Cup yang ke 4, setelah yang ke 3 kurang lebih tahun 2020 yang lalu sebelum covid masuk ke Kukar

“Tujuan kejuaraan ini adalah, untuk kita menyiapkan wadah atlet kita guna menyalurkan bakat. Yang selama ini mereka sudah mengasah kemampuannya, mereka sudah berlatih berbulan untuk persiapan Bupati Cub ini,” jelasnya.

Adapun peserta yang mengikuti hari ini kurang lebih ada 504 peserta dari 27 perguruan. Ini yang terbanyak dari sekian event selama 4 tahunan yang dilaksanakan. Inilah tempat mereka bersua setelah sekian lama tidak ada event.

Ia menyebut tahun ini IPSI Kukar buka se-Kukar, mereka bisa mewakili perguruan, mewakili kecamatan, akhirnya membeludak pendaftaran. Tadinya ditargetkan maksimal 300 peserta, tapi ternyata antusiasnya luar biasa.

Ini menunjukkan bahwa perkembangan pencak silat di Kecamatan-Kecamatan maupun di Desa ini sudah berjalan secara masif.

“Harapan kami tentunya event ini nanti akan menghasilkan dan menciptakan bibit-bibit atlet kita yang betul-betul berpotensi bisa mewakili dan mengharumkan nama Kukar kedepan. Jadi semuanya pasti ada proses. Tentunya proses ini juga ada pembinaan dan kami selaku pemgurus IPSI sudah menyiapkan itu untuk kemajuan pencak silat di Kukar,” pungkasnya. (rls)