PWI Kaltim Sembelih Hewan Kurban Untuk Jurnalis dan Warga Sekitar

kurban
Pengurus PWI tengah memotong daging hasil kurban untuk dibagikan. (Salasmita)

Samarinda, reviewsatu.com – Menyemarakkan Iduladha 1444 Hijriah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim ikut menyembelih dua ekor hewan kurban, Sabtu (1/7/2023) pagi. Penyembelihan dilakukan di kantor PWI Kaltim, Jalan Biola, Samarinda.

Kegiatan ini sempat terhenti selama dua tahun lantaran pandemi COVID-19. Ketua PWI Kaltim Endro S Effendi menyebut kegiatan ini sebagai bentuk silaturahmi antar rekan-rekan jurnalis.

“Poinnya ini silaturahmi, teman-teman wartawan kan sibuk, kalau tidak ada kegiatan seperti ini ya tidak muncul,” kata Endro, Sabtu, (1/7/2023).

Sementara itu ketua panitia penyembelihan Achmad Shahab menambahkan hewan yang disembelih masing-masing dari Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dan donatur Bayu Surya Gandamana.

Alhamdulillah, tahun ini kita dapat dua, salah satunya dari wakil gubernur,” ucap pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan di PWI Kaltim itu.

Dengan estimasi total daging yang dibagikan sebanyak 130 Kilogram, pendistribusiannya bukan hanya kepada anggota PWI saja. Rekan-rekan dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) juga dapat. “Kita utamakan ke teman-teman PWI dan SMSI, kalau memang masih ada, barulah kita bagikan ke masyarakat, tapi berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, biasanya masih ada daging yang dibagikan ke RT di sekitar kantor,” tambahnya.

Mekanisme pembagian daging sendiri hanya melalui informasi melalui grup whatsapp dan masing-masing media ada perwakilan. Pengambilan dibatasi hanya sampai pukul tiga sore hari ini.

“Kalau tidak diambil kita akan distribusikan ke lain lagi, karena kita tidak memiliki freezer, takutnya daging membusuk sehingga tidak bisa dikonsumsi lagi,” timpal Shahab.

Terkait surat edaran Wali Kota Samarinda Andi Harun yang meminta pengurangan penggunaan kantong plastik dalam membagikan daging hewan kurban, Shahab mengakui sudah mengetahui. Hanya saja, karena panitia sudah terbiasa menggunakan plastik, maka tahun ini juga masih menggunakan media pembungkus yang sulit terurai tersebut. Namun ia berharap agar penerima daging kurban tidak membuang sampah plastik sembarangan.

“Sementara masih tetap menggunakan plastik, tapi kita anjurkan teman-teman juga bijaksana tidak membuang platik ke sungai,” pungkasnya. (asa/boy)