Pemkot Samarinda Siapkan Rp 15 Miliar Bantu 1.000 UMKM

pemkot samarinda
Wali Kota Samarinda Andi Harun. (Yasinta/reviewsatu)

Samarinda, reviewsatu.com – Pemkot Samarinda menyiapkan anggaran program Dana Bertuah untuk UMKM sebesar Rp 15 miliar. Hal demikian disampaikan Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Dana Bertuah merupakan salah satu program Pemerintah Kota Samarinda untuk membangun perekonomian, dengan memberikan bantuan modal usaha kepada 1.000 UMKM.

“Kalau uangnya sudah ada. Target kita Rp 15 miliar sudah terpenuhi,” ungkap Andi.

Dana bantuan tersebut penyalurannya melalui mekanisme perbankan Bank KaltimTara. Andi menyebut pemkot sudah melakukan sosialisasi dengan maksimal.

Ketika disinggung terkait banyak masyarakat yang mengalami kendala dalam persyaratan, Andi menegaskan kepada para pelaku usaha agar memiliki dokumen yang lengkap. Baik itu untuk usaha yang sudah berjalan maupun yang akan diajukan.

“Kredit ini tanpa bunga. Praktis akan dilakukan identifikasi secara riil kegiatan usaha,” tegasnya.

Salah satunya yaitu surat izin usaha. Andi mengatakan hal ini bertujuan agar dana bantuan tersebut tepat sasaran.

“Proyek ini merupakan project based loan bukan property based loan,” tambahnya.

Jika target sebesar Rp 15 miliar tersebut tidak tercapai, Andi menyebut, yang terpenting pihaknya sudah menyiapkan dana tersebut.
“Kemitraan kita juga berjalan nih seperti PMN (Permodalan Nasional Madani, red) kemudian kredit dari pihak BUMN (Badan Usaha Milik Negara, red) dan seterusnya,” sebut Andi.

Jika tak terpenuhi, Andi menyebut, artinya kegiatan usaha di masyarakat sudah maksimal. (dey/boy)