531 Calon Jamaah Haji Terima Pembekalan dari Bupati

Bupati Kukar saat memberikan arahan kepada calon haji di Masjid Agung.

Kukar, reviewsatu.com – Sejumlah 531 calon jamaah haji asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah mendapat pembekalan sebelum berangkat ke Asrama Haji Batakan, Embarkasi Sepinggan Balikpapan untuk menjalankan ibadah haji di tanah suci Makkah. Acara pembekalan tersebut diselenggarakan di Masjid Agung Kukar pada hari Rabu (24/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Edi Damansyah memberikan arahan dan pembekalan kepada para calon jamaah haji agar mereka dapat melaksanakan ibadah secara baik dan memelihara kesehatan selama menjalankan ibadah tersebut. Ia juga meminta agar para jamaah tersebut selalu diberi kemudahan dan keselamatan oleh Allah SWT mulai dari berangkat ke tanah suci hingga kembali ke Indonesia.

“Saya berharap kepada para jamaah haji untuk mengenal dan berkoordinasi dengan para petugas TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) dan TKHD (Tim Kesehatan Haji Daerah) jika mengalami masalah atau kesulitan selama melaksanakan ibadah haji. Merekalah nantinya yang akan berkoordinasi langsung dengan TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia), TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia), serta TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia) dari Indonesia. Sebab, ada sebanyak 531 Jemaah Haji Reguler asal Kukar yang menunaikan ibadah haji tahun ini,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Edi bagi jamaah haji yang dikategorikan lansia, maka perlu untuk mengikuti instruksi dan skenario layanan haji dari PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) sejak keberangkatan menuju asrama haji, penyerahan gelang identitas, dokumen perjalanan, hingga living cost (uang saku) kepada jamaah dapat terpantau. Selanjutnya, para calon Haji lansia ini perlu didampingi oleh TPHD untuk memperoleh hak-haknya secara adil dan merata, sama dengan calon jemaah haji lainnya.

“Selain itu, saya juga berpesan agar para jamaah haji selalu mengikuti arahan dari Ketua Rombongan Haji setibanya di Tanah Suci. Ada kalanya, jemaah haji tidak ingat kartu kamar dan nama hotel. Begitu pula saat akan beraktivitas di luar hotel, jangan pernah sendirian dan selalu menyampaikan kepada Ketua Rombongan Haji,” pungkasnya. (adv/jat/boy)